BMKG: Ini wilayah Yang di Perkirakan Hujan 3 Hari kedepan

Editor: Redaksi author photo

BMKG: Ini wilayah Yang di Perkirakan Hujan 3 Hari kedepan 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat disertai petir di wilayah Kabupaten/Kota Kalimantan Barat. Kamis (26 Januari 2023).

"Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/ petir di wilayah Kabupaten/Kota pada siang hingga malam hari," kata Prakirawan BMKG Staklim Kalbar

Secara umum cuaca di Kalimantan Barat  dalam 3 hari ke depan, akan terjadi hujan di beberapa wilayah.

Berdasarkan prakiraan cuaca berlaku tanggal 26 Januari 2023 sebagian wilayah akan terjadi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota : Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara,Sintang, Melawi, Sanggau, Ketapang, Sambas, Bengkayang Dan Landak.

Sedangkan Wilayah yang berpotensi hujan ringan di sertai petir dan angin kencang yaitu di sebagian wilayah Kabupaten kota : Mempawah, Sekadau Dan Singkawang.

Untuk prakiraan cuaca berlaku tanggal 27 Januari 2023 sebagian wilayah akan terjadi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota : Sanggau, Bengkayang Dan Landak.

Sedangkan Wilayah yang berpotensi hujan ringan di sertai petir dan angin kencang yaitu di sebagian wilayah Kabupaten kota : Sambas, Mempawah, Sekadau, Singkawang, Kayong Utara, Kubu Raya dan Kapuas Hulu.

Untuk prakiraan cuaca berlaku tanggal 28 Januari 2023 sebagian wilayah akan terjadi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kabupaten/Kota: Sambas, Bengkayang, Landak, Sanggau, Singkawang, Pontianak, Mempawah, Kubu Raya, Kayong Utara, Ketapang Dan Kapuas Hulu.

Sedangkan Wilayah yang berpotensi hujan ringan di sertai petir dan angin kencang yaitu di sebagian wilayah Kabupaten kota : Melawi dan Sintang.

Seluruh masyarakat Kalbar diimbau untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi seperti adanya pohon tumbang, kerusakan atap rumah akibat angin kencang, jalan menjadi lebih licin, munculnya genangan/banjir, tanah longsor, dan dampak bencana hidrometeorologi lainnya yang dapat menghambat aktivitas. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

 

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini