Unhas-Dubes Kanada Bahas Perluasan Kemitraan

Editor: Redaksi author photo

Unhas-Dubes Kanada Bahas Perluasan Kemitraan
KALBARNEWS.CO.ID (MAKASAR) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc dan Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste HE Nadia Burger, membahas peluang perluasan kemitraan khususnya dalam bidang pendidikan. Jumat (2 Desember 2022).

Prof Jamaluddin Jompa (JJ) dalam keterangannya di Makassar, Jumat,
menjelaskan, Unhas sebagai perguruan tinggi terus melakukan terobosan baru dan memperluas kemitraan dengan banyak pihak.

Menurut dia, ke depan diperlukan upaya kolaboratif antara Unhas dan Kanada dalam pengembangan tridarma perguruan tinggi. Apalagi Kanada merupakan salah satu mitra terbaik Indonesia dalam berbagai bidang.

“Kami sangat senang menyambut Ibu Nadia di Unhas. Sebagai perguruan tinggi, Unhas berkeinginan menjangkau banyak hal melalui kemitraan dengan berbagai negara. Kanada merupakan salah satu negara potensial dalam bidang sains dan teknologi," ujarnya.

Dirinya mengatakan, sebagai perguruan tinggi Unhas memiliki komitmen untuk peningkatan kualitas berkelanjutan dan menjadi semangat universitas sejak didirikan tahun 1956.

Sebagai PTN terbesar dengan berbagai capaian tidak hanya di bagian Timur Indonesia, berbagai langkah strategis terus dioptimalkan salah satunya dengan memperluas kemitraan berbagai pihak.

"Ke depan kita memerlukan kerja sama dengan Kanada, dan diharapkan pemerintah bisa memberikan peluang bagi Unhas untuk menjalin kemitraan,” sambung Prof JJ.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan Unhas mempunyai peran strategis dalam mendukung langkah strategis pemerintah termasuk pembentukan IKN (Ibu Kota Negara) di Kalimantan. Dimana, Unhas yang berada di Indonesia Timur akan berperan penting dalam pengembangan IKN.

Prof JJ mengharapkan pemerintah Kanada bisa memberikan peluang kolaborasi melalui beasiswa pendidikan bagi sivitas akademika Unhas.

“Upaya internasionalisasi terus kita lakukan dengan memperluas kemitraan berbagai pihak. Selama ini, Unhas terus berupaya secara optimal hadir di tengah masyarakat sesuai kapasitas yang dimiliki. Di Unhas, kami juga memiliki banyak alumni Kanada, kami mengharapkan Ibu Nadia bisa membantu Unhas memperluas jejaring mitra di Kanada,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Nadia memberikan apresiasi atas berbagai capaian yang telah diperoleh Unhas sebagai perguruan tinggi. Dirinya juga banyak memberikan penjelasan tentang hubungan bilateral Indonesia dan Kanada termasuk dalam bidang pendidikan.
(Tim liputan)

Editor : Aan



 

Share:
Komentar

Berita Terkini