Mariojela Kilang Balikpapan Menangi Program CSR Terbaik Internasional

Editor: Redaksi author photo

Mariojela Kilang Balikpapan Menangi Program CSR Terbaik Internasional
KALBARNEWS.CO.ID (BALIKPAPAN) - Program Mari Olah Jelantah (Mariojela) yang dikerjakan Pertamina Kilang Balikpapan di Kampung Atas Air, Balikpapan, meraih penghargaan terbaik dari Communitas Award, penghargaan internasional dari Asosiasi Marketing and Communication Professionals (AMCP) yang berpusat di Texas, Amerika Serikat.

 “Kami memenangkan Excellence in Corporate Social Responsibilities 2022,” kata Humas Sementara PT Kilang Pertamina International (KPI) Balikpapan Lifania Nugrahani, Kamis (29 Desember 2022).


Penilaian Communitas Awards berdasarkan manfaat program kepada masyarakat dan lingkungan.

Mariojela adalah program mengolah kembali minyak goreng bekas pakai yang biasanya dibuang begitu saja oleh warga.

Di Kampung Atas Air, Margasari, Balikpapan Barat, dibuang begitu saja berarti dibuang ke laut, yang artinya pencemaran lingkungan.

Dalam Mariojela, warga berkumpul untuk belajar mengolah kembali minyak jelantah, dan pada perkembangannya juga belajar mengolah berbagai jenis sampah lain.

Mereka pun menjadi komunitas yang peduli pada lingkungan sambil menghasilkan uang tambahan bagi keluarganya.

Minyak jelantah diolah kembali antara lain menjadi lilin untuk aroma terapi dan sampah lainnya menjadi kompos.

Program yang dimulai pada 2018 itu sudah dianggap berhasil, kini hanya yang tidak tahu yang membuang minyak jelantah di Margasari, dan jumlahnya makin sedikit.

Bahkan sekarang anak sekolah dasar di Margasari pun tahu, minyak jelantah dikumpulkan baru kemudian disetor ke Mariojela.

Mariojela bahkan bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membuat ATM Jelantah di sekolah, istilah untuk stasiun pengumpulan jelantah khusus di sekolah tersebut.


“Mariojela telah berhasil mencegah pencemaran lingkungan oleh minyak jelantah  hal itu dikuatkan karena masyarakat mendapatkan nilai ekonomi melalui penjualan minyak jelantah dan produk olahannya,” papar Lifania.


Selain PT KPI Unit Balikpapan, penghargaan juga diperoleh oleh Unit Sei Pakning, Unit Balongan, dan Unit Dumai. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini