Lomba Dayung Perahu Tradisional " Danlanal Ketapang Cup Tahun 2022 "

Editor: Redaksi author photo

Lomba Dayung Perahu Tradisional " Danlanal Ketapang Cup Tahun 2022 "
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang menggelar lomba Dayung Perahu Tradisional Danlanal Ketapang Cup, dipadati penonton, nampak warga Ketapang antusias menyaksikan perlombaan dayung perahu yang jarang digelar. Minggu (18 Desember 2022).

Lomba Dayung Perahu Tradisional Danlanal Ketapang Cup Tahun 2022 dilaksanakan di Sungai Pawan tepatnya di Halaman Pendopo Kraton Matan Tanjungpura, Jalan. Pangeran Kusuma Jaya, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT Armada RI yang ke-77 Tahun 2022 (5 Desember 2022) yang lalu. Digelarnya perlombaan Dayung Perahu Tradisional ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet dayung yang potensional. 

Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M. Tr. Opsla mengatakan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan hari Armada RI ke-77 Tahun 2022. Menurut dia, istilah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat juga menjadi dasar penyelenggaraan lomba ini sehingga diharapkan dapat menjadi arena pembentukan watak disiplin dan sportivitas khususnya bagi prajurit dan peserta lomba pada umumnya. 

"Untuk itu dengan perlombaan yang dilaksanakan ini diharapkan akan ada kemunculan bibit baru atlet berbakat yang kelak akan mengharumkan nama Kabupaten Ketapang atau bahkan nama Indonesia di mata dunia, serta menghasilkan jiwa-jiwa atlet berbakat yang selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam setiap kompetisi yang diikuti," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Ketapang Bpk. H. Farhan S.E,. M.Si, yang membuka secara resmi lomba Dayung Perahu Tradisional Danlanal Ketapang Cup tahun 2022, "Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ketapang menyambut baik dan mendukung sepenuhnya atas diselenggarakannya lomba Dayung Perahu Tradisional Danlanal Ketapang Cup tahun 2022, besar harapan saya agar kejuaraan ini meningkatkan kecintaan, kesungguhan serta menumbuhkan bibit-bibit baru atlet dayung Kabupaten Ketapang" jelasnya. 

Farhan juga berharap kepada pengurus PODSI, KONI, KORMI dan DISPORA "Saya berpesan agar terus melakukan pembinaan dan melakukan kompetisi secara rutin dan berjenjang sehingga pembinaan secara berjenjang juga akan terus dilakukan yang pastinya akan berdampak pada peningkatan prestasi," pungkasnya.  

Ketua Panitia pelaksanaan Lomba Dayung Perahu Tradisional Letda Laut (P) Rahmat Hariono mengatakan bahwa " perlombaan dayung diikuti oleh 32 tim dengan jarak yang diperlombakan adalah 300 meter. Tidak hanya diikuti oleh prajurit TNI Angkatan Laut saja, namun juga diikuti prajurit TNI Angkatan Darat, Polri, Instasi Pemerintahan, pelajar, serta masyarakat umum dan merupakan wujud kebersamaan TNI menyatu dengan masyarakat pada umumnya," ucapnya. 

Lomba Dayung Perahu Tradisional Danlanal Ketapang Cup Tahun 2022 sebagai juara pertama adalah Tim Bidas, juara kedua Tim Kuda Hitam, juara ketiga Plk Lawang Kekayun sedangkan Juara keempat adalah Tim Persita B. 

Selain mendapatkan piala bergilir para pemenang lomba juga mendapat uang pembinaan dan Voucher menginap semalam di Hotel berbintang yang ada di Ketapang, tidak hanya itu Panitia lomba juga mengadakan Dorprize dan lomba Kostum terbaik. Untuk lomba kostum terbaik dimenangkan oleh Tim dari Kompi C Yon Mekanis 643/Wanara Sakti. 

Dalam acara tersebut turut hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, Bpk. M. Febriadi, S.E., M.Sos., Kajari Ketapang, Bpk. Alamsyah, S.H., M.H., Dandim 1203/Ktp, Letkol Inf Alim Mustofa., Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana, S.I.K., M.H., Kapala Pengadilan Negeri Agama Ketapang, Bpk. Munawir, S.E., Ketua KONI Ketapang, Drs. Sarjan Zaini, S.E., Ketua KORMI Ketapang diwakilkan Sekretaris Umum, Bpk. Rian Ferdy, S.I.P., Ketua Possi Ketapang, serta Masyarakat Kabupaten Ketapang yang ikut menjadi Suporter.  (Efyus)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini