DPRD Ambon Dukung Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru

Editor: Redaksi author photo

DPRD Ambon Dukung Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru
KALBARNEWS.CO.ID (AMBON) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon medukung pasar murah yang digelar Pemerintah Kota Ambon, karena dinilai dapat mengantisipasi lonjakan harga jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kamis (15 Desember 2022) .

Ketua komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw mengatakan, untuk Nataru tahun ini, Pemkot Ambon telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp.200 juta untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan pasar murah di Kota Ambon.

"APBD Tahun 2022 kemarin itu sebetulnya sudah dialokasikan kurang lebih sekitar Rp200 juta untuk kegiatan pasar murahnya," kata Laturiuw.

Ia mengaku, anggaran untuk pasar murah itu dikeluarkan guna mengantisipasi pembengkakan atau kelonjakan harga-harga sembako mejelang hari hari keagamaan di akhir tahun ini.

"Saya sudah minta ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar agenda pasar murah itu bisa disampaikan secara terbuka agar masyarakat bisa mengetahuinya," ujarnya.

Menurut Laturiuw, selain untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga murah, pasar murah yang digelar pemkot jelang Nataru juga diarahkan sebagai upaya mengendalikan inflasi di Kota Ambon.

“Di akhir tahun memang disperindag telah menyusun rencana terkait pasar murah, bahkan itu sudah dijalankan itu di Desa galala dan kawasan Mangga Dua Ambon,” terangnya.

Ia mengaku, hal ini juga tentu memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Selain itu, lanjut Laturiuw, kebijakan tersebut juga sebagai bentuk dari upaya pemerintah kota dalam mengendalikan laju inflasi di Kota Ambon.

"Informasi terkahir yang diterima oleh kami di Komisi II, Disperindag juga akan melaksanakan operasi pasar sebagai salah satu solusi membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau," ucap Laturiuw.

Pasar murah merupakan program rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang dilaksanakan setiap tahun jelang perayaan hari-hari besar keagamaan.

Ada 2.00 lebih paket sembako murah telah disalurkan du dua lokasi berbeda di Kota Ambon, masing–masing Desa Galala dan Kelurahan Mangga dua.

Sembako berupa telur minyak goreng gula tepung terigu mentega dan juga susu ini diharapkan bisa membantu mengurangi beban warga jelang natal dan tahun baru.

Satu paket sembako dijual dengan harga 55 ribu rupiah. Warga penerima pun sudah mendapatkan kupon sebelumnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini