Dinas Pertanian Kabupaten OKU Bagikan 1.258 Kartu Tani Pada 2022

Editor: Redaksi author photo

Dinas Pertanian Kabupaten OKU Bagikan 1.258 Kartu Tani Pada 2022
KALBARNEWS.CO.ID (BATURAJA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan tercatat telah membagikan sebanyak 1.258 kartu tani ke ribuan petani di daerah itu pada 2022 untuk mempermudah dalam pembelian pupuk bersubsidi dari pemerintah. Jumat (2 Desember 2022)

Kasi Pupuk dan Pestisida Dinas Pertanian Kabupaten OKU, Syahroni di Baturaja, Jumat mengatakan kartu tani itu telah didistribusikan kepada ribuan petani di beberapa desa antara lain Desa Belatung, Karta Mulia, Lubuk Batang Baru dan Desa Lubuk Batang Lama.

"Target cetak kartu tani untuk Kabupaten OKU sebanyak 8.377 keping, namun sampai Desember 2022 ini baru tersalurkan 1.258 keping. Mudah-mudahan saja tahun depan target itu bisa tercapai," tegasnya.

Dia menjelaskan kartu tani yang sudah dibagikan ini dapat difungsikan dalam membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah per 1 Januari 2023.

Para petani pemegang kartu dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau di 39 kios pengecer di Kabupaten OKU yang sudah dilengkapi mesin EDC.

"Mulai 1 Januari 2023 sistem penyaluran pupuk bersubsidi tidak lagi dilakukan secara manual, namun dengan sistem elektronik menggunakan Kartu Tani karena dinilai lebih efektif agar bantuan tersalurkan tepat sasaran," tegasnya.

Sementara itu, total pupuk subsidi untuk Kabupaten OKU yang akan disalurkan pada 2023 nanti yaitu Urea sebanyak 5.240 ton dan NPK 5.768 ton.

Pupuk ini khusus diperuntukkan kepada petani yang menanam sembilan komoditas pertanian antara lain bawang merah, jagung, cabai, bawang putih dan kacang kedelai.

"Artinya pupuk subsidi yang akan ditebus menggunakan kartu tani nanti tidak lagi diperuntukan untuk petani karet dan sawit, namun khusus sembilan komoditi pertanian itu saja," jelasnya.

Untuk Kabupaten OKU, lanjut dia, hanya enam komoditas pertanian yang diizinkan menebus pupuk bersubsidi oleh petani menggunakan kartu tani yaitu padi, jagung, kedelai, kopi, cabai dan bawang merah.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini