Arus Penumpang Di Terminal Seloaji Ponorogo Alami Kenaikan

Editor: Redaksi author photo

Arus Penumpang Di Terminal Seloaji Ponorogo Alami Kenaikan
KALBARNEWS.CO.ID (PONOROGO) - Arus penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus melalui Terminal Seloaji Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengalami kenaikan imbas libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Ada kenaikan tetapi tidak (terlalu) signifikan. Kami masih terus pantau dan pengamanan antisipasi (terjadi) lonjakan (penumpang)," kata Kepala Terminal Type A Seloaji Ponorogo Yono.Sabtu (24 Desember 2022).

Kebetulan, lanjut dia, puncak libur Natal dan Tahun Baru bersamaan akhir pekan yang biasanya juga mengalami lonjakan jumlah penumpang datang maupun berangkat.

Ia mengatakan hingga Sabtu sore ini diperkirakan penumpang datang maupun berangkat dari Terminal Seloaji mencapai 3.000 orang atau bahkan lebih.

"Jumlah itu tiga kali lipat dibanding hari biasa yang berada di kisaran 1.000 penumpang datang maupun berangkat," katanya.

Menurut dia, mayoritas penumpang menggunakan bus antarkota dalam provinsi (AKDP), sedangkan antarkota antarprovinsi (AKAP) tergolong rendah

"Mayoritas dari Surabaya dan sekitarnya, kalau luar provinsi ya di Jabodetabek ada juga dari luar pulau," katanya

Layanan arus mudik menggunakan angkutan umum melalui Terminal Seloaji Ponorogo ini sempat menjadi tinjauan pejabat Kementerian Perhubungan pada Rabu (21/12).

Sekretaris Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub Pandu Yunianto mengatakan, selain di Terminal Seloaji Ponorogo, pihaknya juga melakukan monitoring di dua terminal lain di Jatim, yakni Terminal Bungurasih Sidoarjo dan Terminal Arjosari Malang.

Terminal bus di sejumlah kota lain juga menjadi pantauan Kemenhub dengan menugaskan tim pengawas ke lapangan.

"Kemungkinan ada peningkatan arus kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, saat ini kondisi pandemi COVID-19 melandai dan juga sudah ada kelonggaran kegiatan di masyarakat," kata dia.

"Dari survei persepsi masyarakat yang kami lakukan, peningkatan kendaraan sekitar 26 persen. Prediksi puncak diperkirakan hari Jumat-Sabtu ini," katanya.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini