Strategi Peningkatan Perekonomian Keluarga

Editor: Redaksi author photo

 Strategi Peningkatan Perekonomian Keluarga
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani membuka secara resmi Pelatihan Strategi Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Teknologi Informasi di Aula Kantor BPSDM Provinsi Kalbar. Kamis (17 November 2022).

Mengawali sambutannya, Penasehat DWP Prov Kalbar menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan tantangan sosial dan ekonomi di semua lini. Dampaknya, banyak keluarga di Indonesia terjerat krisis sosial dan ekonomi.

"Ekonomi keluarga sangat berperan penting bagi perekonomian secara makro, karena dari ekonomi keluarga perputaran uang dapat berjalan dengan baik dan lancar. Makanya pada saat pandemi terjadi yang berdampak besar yaitu ekonomi keluarga," jelas Penasehat DPW Kalbar.

Dirinya juga mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini, diperlukan strategi keluarga agar bisa bertahan menghadapi pandemi. Dimana keluarga harus berupaya untuk memecahkan masalah dengan mengubah perilaku dan pola hidup, lingkungan serta pengendalian emosional.

"Beberapa hal yang perlu dilakukan dengan menekan pengeluaran yang tidak perlu hingga mampu menekan keinginan dan mengedepankan kebutuhan," tambah Hj. Lismaryani.

Selain menjaga ketahanan ekonomi selama masa pandemi, keluarga harus memikirkan cara untuk menambah pendapatan keluarga, salah satunya memulai bisnis keluarga dengan menggunakan sarana digital yang sederhana

"Kita berharap, agar ibu - ibu sekalian mampu membuka dan menjalankan usaha yang bisa dilakukan dirumah dengan berbasis digital dalam pemasarannya. Juga dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang benar ketika pengantaran pesanan sampai ke pelanggan," kata Penasihat DPW Kalbar.

Mengakhiri sambutannya, Hj. Lismaryani berharap pelatihan tersebut dapat memunculkan kreativitas peserta dalam menggali potensi diri yang dimiliki.

"Diharapkan para peserta dapat menjual produk yang bernilai ekonomis dan untuk narasumber dapat memberikan trik dan tips bagi peserta untuk dapat mengembangkan usaha yang dimiliki menjadi lebih dikenal dengan bantuan teknologi informasi," tutup Penasehat DWP Kalbar.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalbar, Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si.  beserta para Pengurus DWP Provinsi Kalbar.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini