PP HI Berkomitmen Kembangkan Hapkido Ke SEA Games

Editor: Redaksi author photo

PP HI Berkomitmen Kembangkan Hapkido Ke SEA Games
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Hapkido Indonesia (PP HI) Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo berkomitmen untuk terus mengembangkan olahraga Hapkido hingga bisa dipertandingkan dalam SEA Games. Rabu (23 November 2022).

Hapkido terbilang olahraga baru dibanding dengan cabang bela diri lain seperti karate, taekwondo, judo, dan sebagainya. Namun perkembangan olahraga bela diri asal Korea ini terbilang cepat. Hal ini yang membuat Prabukusumo optimistis hapkido bisa masuk SEA Games. Dia juga akan terus mengembangkan olahraga ini di berbagai daerah.

"Saya berbangga hati seluruh keluarga besar Hapkido memiliki tujuan yang sama mengembangkan Hapkido," ujar Prabukusumo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Mengembangkan hapkido dari daerah ke daerah tidak mudah. Untuk menyiasati itu, setiap sabuk hitam bisa mengembangkan hapkido di daerahnya masing-masing," ujarnya menambahkan.

Kepengurusan PP HI masa bakti 2022-2026 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman di Hotel Grand Zuri Yogyakarta, Rabu.

Marciano dalam kesempatan ini mengapresiasi pembinaan atlet melalui berbagai kompetisi yang bergulir.

"Setelah ekshibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, kejuaraan-kejuaraan tetap berjalan dan terakhir kejuaraan nasional Hapkido di Padang," kata Marciano.

"Pada PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, Hapkido adalah salah satu yang dipertandingkan di Aceh. Saya berharap ketua umum dan jajarannya, bersama 31 pengurus provinsi (Pengprov) mempersiapkan segalanya, baik penyelenggaraannya maupun prestasi atlet-atletnya,” kata Marciano menambahkan.

Dengan perkembangan dan kapasitas kepemimpinan Prabukusumo sebagai ketua umum PP HI sekaligus Presiden Hapkido Asia Tenggara, Marciano optimistis hapkido bisa dipertandingkan di SEA Games.

“Setelah dipertandingkan di PON XXI/2024, saya harapkan PP HI bisa bekerja sama bersama Ketum Hapkido di seluruh negara Asia Tenggara untuk memperjuangkan hapkido agar bisa dipertandingkan pada SEA Games. Suatu hari Hapkido akan dipertandingkan di SEA Games,” ujar Marciano.
(Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini