Pemprov Kalbar Umrohkan Kades Dan Kafilah Berprestasi Ajang MTQ Tingkat Daerah Hingga Nasional

Editor: Redaksi author photo


 Pemprov Kalbar Umrohkan Kades Dan Kafilah  Berprestasi Ajang MTQ
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memberikan reward  ibadah  Umroh gratis kepada Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat serta Kafilah yang telah berprestasi pada ajang MTQ baik di tingkat Daerah hingga Nasional.

Secara resmi Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., melepas secara simbolis dengan mengenakan syal kepada jamaah yang akan diberangkatkan tersebut di Ruang Praja I Kantor Gubernur Kalbar, Senin (21 November 2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar mengungkapkan bahwa pelaksanaan umroh bagi Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Kafilah berprestasi ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka memotivasi agar pencapaian yang sudah didapat lebih baik lagi kedepannya. 

"Sebenarnya ini apresiasi dari awal. Tapi kita dihadapkan pada masa pandemi covid selama 2 Tahun, sehingga anggaran yang ada harus kita kurangi sampai 580 miliar," jelas Sutarmidji.

Dengan memberangkatkan kepala Desa yang berprestasi, dirinya menegaskan memberi parameter tertentu.

Dijelaskannya, setidaknya ada 3 komponen yang harus dipenuhi oleh Kepala Desa, yaitu Desa Mandiri, Indeks Kekuatan Lingkungan Sosial Ekonomi sudah harus 0,9 keatas supaya terukur.

"Jadi saya mau mengapresiasi desa - desa dengan memberikan kendaraan roda 2, 

Nanti kita akan mencari 200 desa, jadi yang belum umroh, bisa mendapatkan peluang.  Kendaraan roda 2 tersebut diperuntukan untuk  Desa bukan untuk pak Kades," terang Gubernur. 

Diakhir sambutannya, Gubernur Kalbar berpesan agar penyelenggara umroh atau travel menjaga dan memberikan pelayanan maksimal bagi peserta umroh.

Sebagai informasi, PT. Atina Rahmatika ditunjuk sebagai Travel Penyelenggara Umroh dan Haji Khusus, sebanyak 14 orang tersebut terdiri dari 9 Kepala Desa yaitu: (Ramlan) Kades Jungkat, Siantan,. Mempawah, (Ilham) Kades Saing Rambi, Sambas , Sambas, (Rusdi) Kades Sekura, Teluk Keramat, Sambas, (Iskandar) Kades Karimunting, Sungai Raya, Bengkayang, (Erzan) Kades Balai Karangan,Sekayam, Sanggau, (Lili Sugianto) Kades Tawangsari, Sepauk, Sintang, (Juliansyah) Kades Tanjung Niaga,Nanga Pinoh, Melawi, dan (Surahman Hidayat) Kades Sira Jaya ,Pengkadan, Kapuas Hulu. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Untuk 4 orang yang meraih Juara Ajang MTQ Tingkat Daerah hingga Nasional diantaranya, Rahmawati (Juara Terbaik I Cab. Lomba Tilawah Golongan Tartil anak-anak putri MTQ XXVIII Tahun 2020 di Padang), Suaibah (Juara Terbaik I Cab. Lomba Tahfidz Quran Gol 20 Juz MTQ XXVII Tahun 2020 di Padang), Malikah Khaira Khalkilaah (Juara Terbaik  III Cab. Tilawah Anak-anak), dan Siti Farhatun Nufus (Peserta MTQ XXIX di Banjarmasin Juara III Cab. Tuna Netra Putri). Sedangkan dari kalangan Tokoh Agama dan Masyarakat diantaranya, M. Soleh Imam Masjid An-Naim Kantor Gubernur Kalbar, dan Ripa'i Tokoh Masyarakat Desa Sutera Kabupaten Kayong Utara.


Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson, M.Kes.,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalbar, Ir. Yuslinda, M.M., serta Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalbar Ir. Mulyadi, M.Si.,(rfa)

Share:
Komentar

Berita Terkini