KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA) -- Cloudera, perusahaan data hibrida, hari ini
mengumumkan bahwa perusahaan minyak dan retail Thailand PTT Oil and Retail
Business Public and Company Limited (OR) telah memilih Cloudera untuk
menciptakan pengalaman pelanggan di bidang retail dan pengisian bahan bakar
terintegrasi yang pertama di negara ini melalui peningkatan kemampuan analitis
data mereka. Selasa (22
November 2022).Cloudera Berdayakan Peningkatan Analitik PTT Oil
OR tengah mengambil langkah-langkah untuk menerapkan Platform
Data Cloudera (CDP) guna memberdayakan platform data dan hasil analitik barunya
yang memberikan wawasan, menyediakan pandangan yang lebih jelas kepada OR
tentang pelanggan mereka sekaligus meningkatkan pelibatan pelanggan dengan
menawarkan pengalaman yang terpadu serta dipersonalisasi di seluruh 1.900 SPBU
dan 3.000 cabang retail milik OR.
Penggunaan hasil analitik
data yang dioptimalkan ini juga akan mendorong transformasi keseluruhan
infrastruktur digital OR, yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan teknologi
baru seperti kecerdasan buatan dan hasil analitik-geografis guna mempercepat
proses operasional.
Konsolidasi bisnis minyak dan retail Petroleum Authority of Thailand Public Company Limited untuk membentuk OR telah membuat manajemen bisnis terkait, seperti kafe yang berlokasi di SPBU, menjadi lebih dekat. Interaksi pelanggan dengan anak perusahaan bisnis OR di berbagai titik interaksi menghasilkan data yang sangat banyak untuk memetakan perjalanan pelanggan serta mengembangkan pengalaman multisaluran yang terintegrasi dan dipersonalisasi bagi pelanggan yang cerdas secara digital. Wawasan pelanggan ini juga akan menginformasikan strategi pemasaran dan promosi mendatang guna memperluas kehadiran bisnis lokal OR.
Untuk memanfaatkan data ini dalam mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih
tinggi, OR membutuhkan solusi yang fleksibel, efisien, dan aman untuk mengelola
data perusahaan mereka di platform analitik baru yang berfungsi sebagai
satu-satunya sumber kebenaran serta untuk melakukan demokratisasi akses data ke
karyawan mereka yang mencakup sejumlah unit bisnis yang berbeda untuk
dianalisis.
OR bekerja sama dengan Cloudera untuk merancang dan melakukan migrasi platform data mereka yang sudah ada ke solusi data hibrida Cloudera. OR telah memilih CDP sebagai solusi terbaik yang sesuai untuk akses cepat serta mengelola data mereka yang tersimpan di berbagai lingkungan awan dan lokal, dengan tujuan untuk pengimplementasian penuh pada tahun 2024. Tantangan utama yang ingin diatasi oleh OR mencakup akses yang lancar dan aman ke serta penyampaian data terstruktur dan tak terstruktur yang disimpan di beberapa lingkungan, perusahaan, serta skala data di seluruh siklus hidup data, dan keamanan serta tata kelola terintegrasi yang akan memungkinkan penerapan teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan hasil analitik-geografis untuk meningkatkan proses operasional.
Dengan kemampuan untuk memanfaatkan wawasan aktual, OR akan
dapat memberikan layanan yang dipersonalisasi dengan mengintegrasikan penawaran
dari beberapa unit bisnis dan anak perusahaannya. Hal ini juga akan membantu
mengurangi waktu yang dihabiskan untuk proses bisnis lain seperti pembukaan
waralaba, karena teknologi dapat mengotomatiskan permintaan penyewaan lokasi
dari pemilik waralaba dari bisnis makanan dan minuman OR di
seluruh Thailand.
"Di OR, kami melihat data sebagai 'emas baru' dan merasa gembira telah memilih bekerja dengan Cloudera untuk mengimplementasikan teknologi yang sangat penting guna mewujudkan strategi bisnis kami. Kami tertarik pada kemampuan CDP untuk memanfaatkan data lokal maupun berbasis awan, yang menjadikannya solusi ideal bagi arsitektur data hibrida kami. Dengan CDP, kami ingin membangun platform untuk melakukan demokratisasi data perusahaan serta meningkatkan analisis, yang akan membantu kami lebih memahami pelanggan guna menciptakan pengalaman yang berdampak dan dipersonalisasi. Hal ini juga akan memberi kami data terstruktur yang tepat untuk mendukung penerapan teknologi baru.
Kami berharap dapat
memanfaatkan potensi penuh data hibrida dengan Cloudera," ujar K.Wison
Suntharachan, Wakil Presiden Eksekutif Senior Strategi dan Keberlanjutan
Perusahaan, OR
"Saat
ini pelanggan mencari pengalaman multisaluran yang lebih dipersonalisasi. Data
merupakan sumber daya penting dalam menciptakan pengalaman ini, dengan
menyediakan kepingan-kepingan yang dibutuhkan untuk membentuk pemahaman yang
lengkap akan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jumlah data OR yang besar,
tersedia melalui bisnis mereka, memberikan kesempatan yang sempurna. Cloudera
merasa gembira dapat menyediakan platform yang dibutuhkan bagi OR untuk
mengubah data ini menjadi pengalaman yang berarti bagi para pelanggan,"
ujar Remus Lim, Wakil Presiden, Asia-Pasifik dan Jepang, Cloudera.
Di Cloudera, kami meyakini bahwa data dapat membuat hal yang mustahil hari ini, menjadi mungkin esok hari. Cloudera mengajarkan kepada dunia tentang nilai data, menciptakan industri dan ekosistem yang didukung oleh inovasi tanpa henti dari komunitas sumber terbuka. Kami memberdayakan para pelanggan kami, pemimpin dalam industri mereka, untuk mengubah data yang rumit menjadi wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti. Melalui platform data hibrida kami, perusahaan-perusahaan dapat membangun masa depan berbasis data mereka dengan memberikan data, tak peduli di mana data itu berada, kepada mereka yang membutuhkannya. Pelajari selengkapnya di Cloudera.com.
Cloudera
dan merek-merek terkait merupakan merek dagang atau merek dagang terdaftar dari
Cloudera, Inc. Semua nama perusahaan dan produk lainnya mungkin merupakan merek
dagang dari pemiliknya masing-masing.(Tim Liputan)
Editor : Aan