Puluhan ASN Rutan Mempawah Terima Pelatihan Kedisipinan Dan Bela Negara

Editor: Redaksi author photo
Puluhan ASN Rutan Mempawah Terima Pelatihan Kedisipinan Dan Bela Negara
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Mempawah mengikuti Pelatihan Kedisiplinan dan Pembekalan Bela Negara (PBN) yang dilaksanakan bersama Kodim 1201/Mph yang dilaksanakan di Mempawah pada hari Jumat (21 Oktober 2022).

Saat berikan pengarahannya Pgs. Pasiops Kodim 1201/Mempawah, Kapten Arm Fauzi Syirat mengatakan kegiatan ini dalah sebagai upaya peningkatan kemampuan diri setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Mempawah dan memperkuat Bela Negara disetiap warga negara.

“Saat ini bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum dan dilandasi sinergi dari semua lapisan. Sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula," ungkap Kapten Fauzi.

Kapten Arm Fauzi Syirat mengatakan ada tiga cara singkat untuk menanamkan bela negara, yang pertama cinta akan tanah air dengan cara bangga sebagai bangsa Indonesia, menjaga nama baik bangsa dan negara, serta turut melestarikan lingkungan, mencintai budaya dan produk dalam negeri.

Kedua, sadar berbangsa dan bernegara yaitu dengan membina kerukunan, menjaga persatuan dan kesatuan. Sedangkan yang ketiga, yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara dengan memahami dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadikan Pancasila sebagai pemersatu Bangsa, dan yakin pada kebenaran Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara Indonesia," ungkapnya.

Kapten Arm Fauzi Syirat menyebut tugas sebagai pegawai Rutan sangatlah berat untuk membentuk warga binaan pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

"Apalagi dengan berbagai watak dan permasalahan yang dihadapi warga binaan," pungkasnya.

Usai pembekalan bela negara, kegiatan dilanjutkan latihan PBB dan tata cara Upacara Bendera yang dilatih oleh Personel Kodim antara lain, Serka Naufal, Sertu Dwi Wahyu, Serda Haris dan Kopda Tahli. (jn/tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini