Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Target Gubernur kalbar

Editor: Redaksi author photo

Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan Target Gubernur kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso drg. Yuliastuti Saripawan, M. Kes.,  menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Ikatan Alumni Universitas Indonesia( ILUNI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Komisariat Kalimantan Barat di Hotel Mercure Pontianak, Minggu (16 Oktober 2022).

Seperti kita ketahui bersama, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan menjadi target utama kepemimpinan Gubernur Sutarmidji. Salah satu contoh yang nyata adalah dengan diresmikannya gedung RSUD Soedarso oleh Presiden Joko Widodo yang lengkap dan tampak modern. Tapi, dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan tersebut, tidak semata-mata dititikberatkan pada sarana dan prasarana saja, namun juga pengembangan sumber daya manusia kesehatan juga harus mampu mengimbangi pembaharuan moderanisasi sarana prasarana tersebut.

Usai menyaksikan pengukuhan dan Pelantikan Pengurus ILUNI FKUI Komisariat Kalimantan Barat, Gubernur Kalbar sepakat untuk meningkatkan kualitas pelayan kesehatan, salah satu yang menjadi poin penting tugas kita bersama yaitu meningkatkan SDM khususnya kedokteran Kalbar

"Saya sebagai Gubernur terus berupaya untuk memperbaiki sarana dan prasarana dalam semua bidang. Kemudian, upaya lain adalah bagaimana fakultas Kedokteran UNTAN itu, bisa menyelenggarakan pendidikan spesialis. Nanti kita akan berkoordinasi bersama dengan stakeholder terkait untuk mewujudkan itu. Tantangannya besar, karena banyak masyarakat Kalbar yang berobat keluar. Padahal SDM kita mampu dan bisa", ungkap Sutarmidji prihatin.

Disaat yang sama Ketua Umum ILUNI UI Dr. Ir. Didit Hidayat A. Ratam, S.T., MBA., menyampaikan bahwa  dengan adanya ILUNI Komisariat Kalbar mampu memperkuat paguyuban antar alumni FKUI di Kalimantan Barat dan dapat membawa manfaat yang nyata bagi masyarakat Kalbar. 

"Semoga keberadaan ILUNI Komisariat ini bisa memperkuat ILUNI Kalbar, serta senantiasa siap untuk berkolaborasi  membawa manfaat nyata," harap Didit Hidayat.

Disamping itu, Ketua ILUNI FKUI Kalbar terpilih Dr. Hermanto, Sp.B, Sp.BA, menyatakan  beberapa program kerja sedang disusun. Untuk saat ini, pengurus terpilih berencana akan melakukan konsolidasi dan mengumpulkan data lulusan kedokteran di Kalbar.

"Kami berharap agar pasien dari Kalbar tidak perlu berobat keluar. Oleh karena itu, kita harus mengembangkan ilmu, peralatan dan pelayanan yang humanis," jelas dr. Hermanto optimis.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Umum ILUNI UI Dr. Ir. Didit Hidayat A. Ratam, S.T., MBA., Ketua PB IKatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Muhammad ADIB Khumaidi, Sp., OT., Dekan Fakultas Kedokteran UI dan Universitas Tanjungpura, serta seluruh kepengurusan ILUNI FKUI Komisariat Kalimantan Barat.(Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini