Oprasi Zebra Kapuas 2022, Puluhan Sopir Di Kayong Utara Jalani Tes Urine

Editor: Redaksi author photo
Oprasi Zebra Kapuas 2022,  Puluhan Sopir Di Kayong Utara Jalani Tes Urine 
KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Operasi zebra yang di lakukan kepolisian dimaksudkan agar pengguna jalan patuh terhadap aturan lalu lintas dan rambu-rambu yang berlaku dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Guna mendukung Oprasi zebra Kapuas 2022 fiahk kepolisian Kayong Utara,  sedikitnya ada 30 sopir yang melintas di Jalan Bhayangkara Sukadana, dites urinenya. Rabu (5 Oktober 2022)

"Tes urine ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa tidak ada lagi sopir yang mengonsumsi narkoba, dan juga dalam rangka Operasi Zebra Kapuas 2022 ," ungkap Kasat Lantas Polres Kayong Utara Iptu Bagus Tri Baskoro, S.H, M.Si.

Kasat Lantas menyatakan tidak ada sopir yang kedapatan positif, artinya sejauh ini para sopir yang di kota Sukadana itu masih dalam kategori bersih dari narkoba. Jika ada sopir yang  kedapatan mengonsumsi narkoba akan diproses secara hukum.

"Jika ada yang positif narkoba tentunya akan kita proses secara hukum, sebab apa yang dilakukan hari ini untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, karena narkoba itu merusak generasi muda, sehingga harus ditanggulangi dari sekarang." jelasnya.

Salah satu sopir Truk, Ahmad menyatakan sangat mengapresiasi adanya tes urine yang dilakukan kepolisian ini.

"Hal ini bagus dilakukan sebab kecelakaan harus dihindari karena membawa penumpang, jadi kita (sopir) harus bersih dari narkoba," ucapnya.

Karena salah satu faktor  penyebab Laka Lantas adalah human error yaitu pengemudi yg dalam kondisi tidak sehat untuk mengemudi (mungkin pengaruh alkohol atau narkoba) tapi tetap di paksakan untuk mengemudi. Karena jika sopir dalam pengaruh narkoba atau minuman keras bisa membuat konsetrasi tidak terkendali. inilah yang bisa mengakibatkan lakalantas akibat tidak berkonsnetrasi mengemudi.

Kasat Lantas Polres Kayong Utara Iptu Bagus Tri Baskoro, S.H, M.Si.berpesan untuk menghindari lakalantas selalu periksa kondisi kendaraan,atur posisi mengemudi dan jangan lupa pakai sabuk pengaman jika pengguna mobil  dan patuhi rambu lalu lintas . (Tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini