Lasarus: Santri Berkontribusi Kepada Negara Sejak Era Perjuangan Kemerdekaan

Editor: Redaksi author photo

 Lasarus: Santri Berkontribusi Kepada Negara Sejak Era Perjuangan Kemerdekaan
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyebut kaum santri memiliki peran strategis dalam pembanguan bangsa Indonesia. Menurutnya, ditetapkannya Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo merupakan bentuk pengakuan negara terhadap kontribusi kaum sarungan. 

"Hari ini adalah momen istimewa bagi kaum sarungan. Untuk itu saya sampaikan selamat Hari Santri Nasional. Saya banyak bergaul dengan orang-orang hebat yang latar belakangnya adalah santri," kata Lasarus dalam keterangan tertulis yang dibagikannya kepada awak media, Sabtu (22 Oktober 2022). 

Lasarus menilai, pengakuan negara terhadap kaum sarungan melalui penetapan Hari Santri memang sepatutnya dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya, kontribusi dan darmabakti kaum santri terhadap negara sudah terbukti sejak lama, bahkan sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan. 

“Santri memiliki kontribusi sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia bahkan juga hingga saat ini. Peran tersebut harus terus dipertahankan,” imbuhnya. 

Lasarus juga menaruh harapan agar ke depan, para santri tidak sekadar berorientasi untuk menjadi kyai atau pendakwah. Menurutnya, santri memiliki peluang untuk berkarier di berbagai bidang kehidupan mengingat pendidikan pondok pesantren saat ini tidak lagi sekadar mengarahkan santri untuk bisa berceramah saja.

“Ke depan saya yakin dari pesantren akan lahir orang-orang terbaik yang akan membawa Indonesia semakin maju. Saya juga berharap kehidupan sehari-hari dan pergaulan santri dalam masyarakat menjadi contoh positif," tutup Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat tersebut. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini