BKKBN Bersama Satgas TPPS Kalbar Lakukan Lokmin Percepatan Penurunan Stunting Di Sungai Kakap

Editor: Redaksi author photo
BKKBN Bersama Satgas TPPS Kalbar saat Berada Di Sungai Kakap

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Satgas Provinsi Kalbar menghadiri Lokakarya Mini (Lokmin) percepatan penurunan stunting di aula Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya pada hari Rabu (14 September 2022) lalu.

Hadir dalam kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) percepatan penurunan stunting ini Sekretaris BKKBN Provinsi Kalbar, Abdul Rahman, Koordinator ADPIN, Aulia, Manager Data Indah Budiastutik, OPDKB, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Dokter Puskesmas, Tenaga Gizi, Bidan, dan TPK serta melalui virtual bunda Fatonah dan tim BKKBN Pusat.

Dalam sambutannya Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sungai Kakap, Ashari menyampaikan bahwa semua lini dan sektor harus berperan aktif dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kecamatan Kakap khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Kami melaksanakan lokmin tingkat kecamatan ini sudah 3 kali dalam setahun, semoga ke depan bisa  melaksanakan setiap bulan seperti arahan pusat. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan Lokmin di Kecamatan Kakap kita akan lebih mengetahui apa saja penyebab terjadinya masalah stunting di kecamatan kakap ini dan kita bersama berdoa semoga sudah ada penurunan stunting di Kecamatan Sungai Kakap dalam periode tahun 2022 ini, kita bisa mencapai target Nasional 14 persen pada tahun 2024,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) OPDKB Kabupaten Kubu Raya, Nani dalam materinya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan lokmin harus memperhatikan tentang 3 standar dan 4 PASTI, mendata dan mendampingi sasaran yang sudah menjadi target Kecamatan Kakap.

“Memaksimalkan kegiatan berdasarkan regulasi yang sudah diterbitkan oleh Bupati Kubu Raya, memaksimalkan penyerapan anggaran yang ada dan akan kami lakukan lokmin setiap bulan mulai Oktober nanti,” jelas Kabid OPD KB Kubu Raya ini.

Sementara itu Manager Data Satgas Provinsi Kalbar, Indah Budiastutik menyampaikan bahwa kegiatan lokmin sebagai fungsi monitoring dan evaluasi, Indah juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan lokmin kedepan lebih mengarah  strategi penurunan Stunting.

“Kedepanya sudah tertata mulai dari bagaimana hasil verifikasi dan validasi keluarga berisiko stunting, bagaimana laporan pelaksanaan dengan 3 standar dan 4 PASTI sudah terlaksana, bagaimana rencana kerja tindak lanjut ke depan untuk percepatan penurunan stunting di wilayah Sungai Kakap ini dan harapannya Pelaksanaan lokmin ini diharapkan dapat terlaksana setiap bulan,” harap Indah Budiastutik.

Hal yang sam disampaikan Sekretaris BKKBN Kalbar, Abdul Rahman ia berpesan semua pihak untuk melakukan koordinasi dan konsultasi kepada BKKBN dan Satgas Provinsi Kalimantan Barat.

“Jika ada hal-hal yang perlu penyelesaian cepat, dan segera lakukan kegiatan-kegiatan dalam upaya percepatan penurunan stunting sehingga penyerapan anggaran dapat maksimal,” tutup Sekretaris BKKBN Kalbar, Abdul Rahman. (BP/tim liputan).

Editor : Heri

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini