Bawaslu Kalbar Gelar Rakor Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif

Editor: Redaksi author photo
 Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif
KALBARNEW.CO.ID (PONTIANAK) - Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu)  Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu sebagai tahapan pelaksanaan Pesta Demokrasi Tahun 2024 mendatang yang  dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak pada hari Kamis (4 Agustus 2022).

Dalam sambutannya Ketua Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat yang di wakili Nasori, SH mengatakan, Bawaslu berkewajiban memberikan edukasi kepada masyarakat dan mengajak elemen masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi pemilu Dan pemilihan agar terwujud pemilihan yang Luber dan Jurdil.

“Pengawasan partisipatif sangat penting untuk dapat mewujudkan Pemilu dan pemilihan yang sesuai dengan asasnya dan dapat menjadikan pemilu dan pemilihan menjadi Pesta Demokrasi yang sebenarnya," tuturnya

Nasori menambahkan berdasarkan data KASN 2020-2021 masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti melanggar dan dijatukankan sanksi dan yang terbukti  sebanyak 1.373  atau 86 persen telah ditindaklanjuti oleh Pejajabat Pembina Kepegawaian (PPK) dengan penjatuhan sanksi.

“Dengan besarnya potensi pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa pada Pemilu maupun Pilkada yang dapat penyebab Pemilu tidak berlangsung dengan jujur dan adil," katanya.

Di akhir penyampaianya  Nasori, SH mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN)  dan juga Kepala Desa melalui Perangkat Daerah yang membidangi Perangkat Desa untuk dapat bersikap netral pada penyelenggaraan Pemilu Pemilihan Legislatif atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) agar dapat menghasilkan pemilu yang Jurdil, Berkualitas dan Beritegritas. (iyal).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini