LDII Kalbar Berharap Santri Miliki Kepedulian Lingkungan

Editor: Redaksi author photo
LDII Kalbar Berharap Santri Miliki Kepedulian Lingkungan
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Posisi santri cukup strategis, termasuk dalam upaya perbaikan lingkungan, sehingga para santri mestinya menjadi generasi yang memiliki karakter peduli lingkungan.

Harapan itu disampaikan Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)  Provinsi Kalbar, Susanto didepan para santri, dari Pesantren Riyadus Shalihin Desa Pasir Mempawah pada hari  Jumat (17 Juni 2022).

"Dampak dari kerusakan alam mudah sekali dirasakan bahkan kualitas ancamannya semakin besar. Disinilah perlu upaya-upaya pencegahan dengan perbaikan lingkungan," tegasnya.

Keramahan alam terletak dari kepedulian manusia, apabila manusia semakin tidak peduli dengan kelestarian alam,  maka wajar sekali jika alam tidak ramah kepada manusia.  "Kelestarian alam memerlukan peran semua pihak,  dan santri sebagai generasi masa depan mesti dibangun karakter yang peduli lingkungan," kata Susanto.

LDII lanjutnya, telah menjadikan kegiatan peduli lingkungan ini sebagai sarana dakwah bil hal dan bentuk pengabdian. "LDII adalah organisasi dakwah,  dan membangun karakter peduli lingkungan dan upaya-upaya perbaikan lingkungan bagian dari pengabdian dan dakwah bil hal," tambahnya.

Memang diakui, membangun kesadaran kolektif agar peduli lingkungan bukan hal yang mudah, namun butuh konsistensi dan keseriusan. "Alhamdulillah karena diniati ibadah maka pengabdian di bidang lingkungan akan terus kami lakukan secara konsisten dan berkelanjutan.  Semoga ini juga menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama," ungkap Susanto. Selain itu,  LDII juga akan terus berkolaborasi dengan pihak lain baik pribadi, komunitas maupun lembaga pemerintah atau swasta. "Dalam menjalankan kegiatan, prinsip yang ada di kami (LDII) akan tetap bekerjasama dengan pihak lain. Karena ayatnya kita semua agar saling ta'awun atau kerjasama dalam hal yang baik," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini,  para santri juga diajak telibat langsung penanaman pohon di lingkungan pesantren. Setidaknya ratusan bibit pohon berhasil ditanam diantaranya, pucuk merah, palem, sepatu dea,  ketapang kencana, trembesi dan beberapa jenis bunga lainnya.

Sementara rasa bangga dirasakan Pimpinan Ponpes Riyadus Shalihin Desa Pasir Mempawah, Ustadz Matjuri. Betapa tidak, upaya untuk membuat lingkungan pesantren agar asri disambut baik oleh LDII Kalbar.

Bak gayung bersambut, Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto yang langsung menyerahkan dan memimpin para santri menanam pohon. 

"Kami atas nama pesantren berterima kasih kepada Ketua LDII Kalbar,  sahabat saya yakni Pak Susanto. Alhamdulillah saya bersyukur dibantu pohon untuk ditanam di lingkungan pesantren," ujarnya.

Dijelaskannya, lembaga yang dipimpinnya insya Allah dalam waktu dekat akan mengikuti proses akreditasi, dan salah satunya aspek lingkungan menjadi perhatian. "Bantuan pohon ini sangat  membantu kami, karena lembaga ini akan mengikuti akreditasi dan lingkungan menjadi salah satu penilaian," terang Ust.Matjuri.

Ulama yang juga sebagai pengurus Komisi Dakwah MUI Mempawah ini juga mendukung kegiatan upaya LDII dalam menanamkan karakter peduli lingkungan bagi para santri. "Kepedulian lingkungan sangat perlu ditanamkan bagi para santri,  karena ini bagian dari wujud pelaksanaan perintah agama. Islam mengajarkan kepada kita untuk merawat  dan bukan merusak lingkungan," katanya.

Sungguhpun ditengah guyuran hujan, pelaksanaan penanaman pohon tetap dilaksanakan. (San/tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini