Koperasi Perkebunan Bina Bersama Sandai Gelar Rapat Anggota Tahunan, Ini Penjelasannya

Editor: Redaksi author photo
Koperasi Perkebunan Bina Bersama Sandai Gelar Rapat Anggota Tahunan
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Meski masih bersengketa terkait kepengurusan Koperasi Perkebunan Bina Bersama Sandai yang saat ini masih berproses, namun pihak Koperasi Bina Bersama yang terdaftar dalam Surat Keputusan Kemenkumham dan saat ini masih bekerja sama dengan perusahaan perkebunan sawit PT.Lanang Agro Bersatu, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021.

Ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pihak koperasi, kepada seluruh anggota koperasi bina bersama, hal tersebut disampiakan Musyawir dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dipimpinnya.

Musyawir selaku pimpinan sidang, mengatakan laporan yang disampaikan yakni perkembangan koperasi serta laporan keuangan yang dijalankan pihak koperasi selama satu tahun, awalnya rapat di agendakan di bulan Maret namun kerena sengkarut kepengurusan yang berujung pada penahanan di polres Ketapang atas dugaan pencurian dan pengambilan mobil operasional pihak koperasi Yang saat ini kasusnya tengah ditangani pihak polres Ketapang.

“Sehingga RAT digelar dibulan Juni tahun 2022 dengan dua kali RAT, dimana RAT Pertama tidak kourum sehingga dibuatlah RAT kedua yang berdasarkan aturan AD ART dinyatakan Sah,” jelas Musyawir. 

Dalam sambutannya Ketua Koperasi  Bina Bersama, Sadardi mengatakan meski sempat tertunda akibat sengkarut kepengurusan namun sebagai bentuk tangung jawab pengurus RAT tetap digelar meski tertunda beberapa bulan. 

"Ini bentuk tangung jawab kami pihak koperasi yang resmi  berdasarkan surat dari kemenkumham, menggelar RAT sebagai tanggung jawab pelaporan kinerja dan keuangan koperasi, awalnya dijadwalkan pada Maret lalu, tapi baru bisa kita laksanakan dibulan ini, karena permasalahan yang terjadi saat ini yang masih berproses," ungkap Sadardi. 

Sementara itu anggota petani Rodiman yang hadir merasa puas dengan penyampaian pengurus koperasi sehingga dirinya mengaku siap dan akan bergabung sebagai anggota koperasi. 

"Saya merasa puas dengan penyampaian laporan dari pengurus koperasi, sehingga saya berencana akan bergabung menjadi anggota koperasi bina bersama ini.," Ungkap anggota petani sawit Rodiman.

Dalam rapat anggota tahunan tahun buku 2021 kali ini dihadiri oleh pihak kepolisian dalam hal ini bhabinkamtibmas, Babinsa, perwakilan kepala desa, pihak perusahaan yang diwakilkan oleh manager plantiation support, serta assisten kemitraan.

Adapun hasil dari rapat anggota tahunan koperasi produsen pekebun bina bersama Tahun buku 2021, yakni menerima laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi produsen pekebun bina bersama, serta mengesahkan anggaran rumah tangga koperasi produsen pekebun bina bersama, juga mengesahkan rencana kerja tahun 2022 dan mengesahkan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun 2022.

Diharapkan dengan hasil RAT tersebut dapat memberikan kemajuan bagi para anggota dan petani sawit yang berada dilingkungan koperasi produsen pekebun bina bersama.(sul).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini