Doktor Pramono, Resmi Menjadi Ketua PATRI Sumatera Barat Periode 2021-2026

Editor: Redaksi author photo
Doktor Pramono, Resmi Menjadi Ketua PATRI Sumatera Barat 
KALBARNEWS.CO.ID (PADANG) –Akhirnya Ahli Sastra Minangkau DR Pramono terpilih jadi Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Sumatera Barat masa bakti 2021-2026.

Anak Transmigran dari Darmas Raya itu resmi menggantikan Sumpono, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Sumatera Barat sebelumnya.

Pramono yang ahli filologi dari Universitas Andalas itu dibantu Sekretaris Umum Wakidul Kohar yang merupakan Anak Transmigran dari Pesisir Selatan, dan Bendahara Umum Sukamdi Anak Transmigran dari Sitiung.

Musyawarah Daerah (MUSDA) ini dalam dalam rangkaian memperingati Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke 71, yang secara Nasional dilaksanakan di Lunang Silaut, Pesisir Selatan pada 12 Desember 2021.

Direncanakan HBT akan dihadiri Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Dirjen Transmigrasi, DPP PATRI, dan pejabat Provinsi maupun Kabupaten se Sumantera Barat.

Hasprabu, Ketum DPP PATRI melalui video call menyambut baik MUSDA PATRI Sumbar.

“Terimakasih kepada Mas Sumpono yang telah memimpin PATRI Sumbar dengan baik. Juga para kader PATRI se Sumatera Barat. Juga tuan rumah Mas Arifin dan peserta MUSDA,” ujarnya.

Dikatakannya, transmigrasi secara nyata turut membangun Sumatera Barat. Menurut catatan DPP PATRI, Transmigrasi di Sumatera Barat ini dimulai sejak 1953, di Koto Baru Pasaman Barat.

“Ada 72 lokasi transmigrasi tersebar di 7 kabupaten, yaitu: Pasaman Barat, Sawahlunto atau Sijunjung, Darmasraya, Pesisir Selatan, Mentawai, Padang Pariaman, dan Limapuluh Kota. Juga ada transmigrasi repatrian dari Suriname di Tongar,” jelas Hasprabu.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Musyawarah Cabang PATRI Darmasraya. Dokter Aji Sujito, Direktur RSUD dipercaya sebagai Ketuanya. Sebelumnya Muscab PATRI Pesisir Selatan.

Terpisah, Sutrisno Singotirto Sekjen DPP PATRI yang juga Ketua KOPADIRA (Koperasi PATRI Digital Sejahtera, red) menambahkan.

“Potensi eks kimtrans (permukiman transmigrasi, red) di Sumbar luar biasa. Karena itu kita berharap, setelah terbentuknya kepengurusan ini agar segera membuat peta potensi kimtrans di Sumbar, sehingga bisa bersinergi melalui KOPADIRA”, ujarnya. (SPB/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini