Sujiwo: Apel Kesiapsiagaan Karhutla Adalah Upaya Preventif Dan Kewaspadaan Semua Pihak

Editor: Redaksi author photo
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE, M.Sos

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE, M.Sos hadiri Apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilakukan di halaman Mapolres Kubu Raya, mewakili Pemerinth Kabupaten Kubu Raya, Sujiwo memberikan apresisasi terhadap Kapolres Kubu Raya berserta jajaran lainnya yang selalu melakukan kesiapsiagaan terhadap Karhutla ini, Rabu (25/08/2021).

Tampak hadir juga Ketua DPRD Kab Kubu Raya, Kasdim 1207/BS, Wakapolres Kubu Raya, Kabag Ops Polres Kubu Raya, Kasat Sabhara Polres Kubu Raya, Kasat Binmas Polres Kubu Raya, Kasat Pol PP Kab. Kubu Raya, Kabid Damkar Pemda Kab. Kubu Raya, Kadaops Manggala Agni, Kasi Kedauratan Dan Logistik BPBD Kab. Kubu Raya.

Ditemui langsung Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menjelaskan jika Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ini bukan semata-mata tanggung jawab TNI dan Polri, tetapi masyarakat juga harus ikut serta dalam menjaga kelestarian hutan dan lahan gambut yang ada di Kabupaten Kubu Raya dengan tidak membakar hutan dan lahan dalam beraktifitas.

"Apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ini mengingatkan kita agar terus bersiaga dalam menggadapi karhutla, Makanya sampai ada dibentuk Masyakarat Peduli Api (MPA), Karena ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah musibah Karhutla, karena mencegah itu lebih mudah daripada kita menangani apabila sudah terjadi," jelas Sujiwo.

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menambahkan jika Apel Kesiapsiagaan ini merupakan upaya preventif yang dimana TNI dan Polri saat ini juga harus fokus untuk menangani pandemi Covid-19.

"Memang Tuhan Yang Maha Esa itu juga maha adil, dimana saat ini memang bulan-bulan yang sering terjadi kebakaran lahan, tetapi dengan adanya curah hujan yang terjadi sampai saat ini belum ada tanda-tanda terjadinya karhutla, oleh karena itu kita semua juga harus mensyukuri hal itu," ucapnya.

Sujiwo menjelaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya saat ini sedang mempersiapkan penambahan armada-armada yang baru guna menghadapi karhutla ini.

"Pemerintah Daerah akan terus memberikan atensi semaksimal mungkin, semoga di tahun ini tidak ada terjadinya kebakaran lahan," Pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini