Babinsa Sungai Kakap Lakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla Rutin

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Tim Gabungan Babinsa Koramil 1207-07/Sungai Kakap Kodim 1207/Pontianak Serda Rabuansyah bersama Bhabinkamtibmas Desa Punggur Kecil Polsek Sungai Kakap Bripka Deni Ardiansyah dan dua anggota Manggala Agni Daops Pontianak serta satu anggota masyarakat peduli Api (MPA) Desa Punggur Kecil, Hermansyah melakukan Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Minggu, (08/08/2021)

Tim gabungan melakukan patroli pencegahan Karhutla di Parit Delima Dusun Kenanga Desa Punggur kecil untuk melakukan pemantauan dan pemetaan daerah-daerah yang rawan akan terjadi Karhutla, serta melakukan pendataan lahan kosong yang telah dibersihkan oleh warga.

Babinsa bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan MPA melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi rutin karhutla ini sesuai dengan perintah Danramil 1207-07/Sungai Kakap, Kapten Arm Tri Yuliantoro.

“Kita susuri langsung wilayah hutan maupun perkebunan warga dan lahan kosong untuk melihat kondisi dilapangan sebagai antisipasi dalam tindakan pencegahan dari ancaman karhutla,” kata Babinsa.

Lebih lanjut Babinsa mengungkapkan, Dalam patroli yang dilaksanakannya, juga dilakukan penyuluhan dengan menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Tidak ada salahnya kita waspada dan antisipasi akan bahaya Karhutla, karena apabila nanti terjadi karhutla kita akan lebih cepat menanggulanginya atau mengatasinya.

“Selalu kita ingatkan warga agar dalam mengolah dan membuka lahan pertanian mereka jangan menggunakan api atau membakar, karena sering terjadinya karhutla akibat membuka lahan dengan cara membakar,” himbau Babinsa.

Sementara itu ditempat terpisah, Danramil 1207-07/Sungai Kakap Kapten Arm Tri Yuliantoro mengatakan bahwa, Kegiatan patroli tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya karhutla di wilayah Kecamatan Sungai Kakap, dan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan petugas dapat dengan segera mengidentifikasi pemilik lahan yang terbakar dan dengan cepat pula mengatasinya," Pungkas Danramil. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini