Akan Ada Kampung Budaya Di Kubu Raya, PMP Siap Merawat Serta Melestarikan Peradaban Adat Dan Budaya

Editor: Redaksi author photo
Ketua DPD PMP Kubu Raya, Edi Suhairul, S.Pd.I

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Akan ada Kampung Budaya di Kabupaten Kubu Raya, Hal itu terungkap dalam dialog Budaya Perkumpulan Merah Putih (PMP) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya yang dihadiri Ketum PMP Kalbar, H Sukiryanto dan Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam di Aula Hotel Gardenia Sungai Raya, Kamis (29/07/2021).

Dalam pemaparanya Sekretaris Daerah kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan dalam rangka merawat peradaban budaya di Kabupaten Kubu Raya akan segera dilaksanakan pemabngunan Kampung Budaya Nusantara yang akan melibatkan Masyarakat adat di Kabupaten Kubu Raya.

“Kampung Budaya nantinya pada tahap awal akan ada rumah budaya 6 etnis yang nanti akan dikelilingi rumah singgah untuk masyarakat yang datang ke Kampung budaya Nusantara di Kubu Raya ini,” ungkap Yusran.

Ide kawasan Kampung Budaya Nusantara ini menurut Yusran telah muncul ketika dirinya masih menjapat Kepala Bapedda bersama Pengurus-pengurus Masyarakat Adat yang ada di Kubu Raya.

“Kampung Budaya Nusantara ini kita rancang sudah lama bersama Ketua-ketua Organisasi Adat dan Budaya yang kali ini tergabung dalam Perkumpulan Merah Putih (PMP),  InsyaAllah dalam waktu dekat akan segera terwujud,” tegas Yusran.

Saat Dialog Budaya, Ketum PMP Kalbar, H Sukiryanto dan Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam
Yusran menjelaskan dengan luas lokasi yang disiapkan kurang lebih 16 Ha maka kampong Budaya Nusantara di Kabupaten Kubu Raya akan bisa menampung semua Rumah Adat yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Kampung Budaya ini nantinya akan dikelola oleh swasta murni dengan melibatkan Organisasi adat budaya yang tergabung dalam Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya,” jelasnya.

Menanggapi hal itu Ketua Umum DPP Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat menyambut baik program Kampung Budaya Nusantara di Kubu Raya dan dirinya siap mendorong percepatan terbentuknya Kampung Budaya tersebut.

“Ini adalah Konsep yang sangat baik dengan adanya kampung Budaya maka bisa menjadi tempat mengekspresikan pelaku dan penggiat budaya yang ada khususnya di Kabupaten kubu Raya, Saya rasa ini baru npertama kali dan satu-satunya di Indonesia,” ungak Sukiryanto.

Ketua Umum DPP Perkumpulan Merah Putih (PMP), H Sukiryanto yang juga anggota DPD-RI dapil Kalbar mendukukung penuh bahkan siap membawa usulan program tersebut ke Pemerintah Pusat.

“Saya sebagai Ketua Umum DPP Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar sekaligus anggota DPD RI siap membawa usulan ini nke Pemerintah pusat agar segera terwujud kampong Budaya Nusantara di Kubu Raya,” tegas H Sukiryanto.

Senada hal itu, Ketua DPD PMP Kabupaten Kubu Raya, Edi Suhairul mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah mengakomodir usulan serta ide dan gagasan masyarakat budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Kami Pengurus Adat dan Pelaku serta penggiat Adat Budaya di Kabupaten Kubu Raya merindukan adanya wadah dan tempat kami mengkspresikan diri dalam merawat serta melestarikan Adat serta Budaya sehingga tidak hilang di telan masa,” ujar Edi.

Edi mengatakan dengan adanya kampung budaya nusantara itu nanti akan menjadi tempat masyarakat adat mengekspresikan diri serta menjadi tempat menyampaikan eduksi budaya kepada generasi penerus bangsa agar tidak lupa dengan adat budaya bangsa  sendiri.

“Dengan adanya tempat kami mengekspresikan diri maka sejkaligus nanti akan menjadi tempat mengedukasi anak cucu penerus kita agar tidak lupa dengan adat budaya kita sendiri sehingga tetap terawatt dan lestari peradaban anak bangsa Indonesia,” pungkas Edi. (tim liputan).

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini