Ada Bansos 600 Ribu Yang Cair Juli 2021, Ini Syarat dan Cara Verifikasinya

Editor: Redaksi author photo
Ada Bansos 600 Ribu Yang Cair Juli 2021, Ini Syarat dan Cara Verifikasinya

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Kementerian Sosial kembali memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) sejumlah Rp 600 ribu per KK pada Juli 2021 ini.

Ada tiga bantuan langsung tunai (BLT) yang digulirkan pada Januari 2021, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan kartu sembako atau Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

Bansos ini merupakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin maupun yang paling terdampak secara sosial ekonomi akibat wabah virus SARS COV-2 selama hampir setahun.

Kementerian Sosial akan menyalurkan program BST itu kepada keluarga yang telah memenuhi persyaratan, dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan ini diberikan ke keluarga penerima manfaat (KPM) BST yang seharusnya cair pada Mei dan Juni 2021.

Seharusnya bantuan BST ini hanya cair Rp300 ribu hingga April 2021 saja. Namun Kemensos melanjutkan penyalurannya hingga Juni 2021.

Namun karena pada Mei dan Juni 2021 Bansos Kemensos BST ini tidak kunjung turun, pada baru bisa dilaksanakan pada Juli 2021 ini.

Besaran BST senilai Rp300 ribu per bulan per KK untuk bulan Mei dan Juni akan disalurkan pada bulan Juli sehingga diberikan sekaligus sebesar Rp600 ribu.

Mekanisme penyaluran BST masih tetap sama, yakni melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agr semu bisa tersalurkan kepada warga” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dikutip instagram resmi Kemensos, @kemensosri pada 2 Juli 2021.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah berhak dapat bantuan BST Rp 600 ribu ini atau tidak bisa cek online daftar penerima Bansos Kemensos di link cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cek online daftar penerima BST Rp 600 ribu Juli 2021:

– Siapkan eKTP

– Login ke laman cekbansos.kemensos.go.id

– Pilih nama Provinsi

– Pilih nama Kabupaten

– Pilih nama Kecamatan

– Pilih nama Desa/kelurahan

– Masukkan nama lengkap

– Masukkan kode verifikasi yang tertera ke kolom yang disediakan

– Klik Cari Data

Setelah itu sistem akan mencocokkan data yang diinput dengan database yang tersedia di Kemensos.

Jika terdaftar sebagai penerima Bansos Kemensos BST Rp 600 ribu Juli 2021, maka akan muncul informasi sebagai berikut:

– Periode pencairan Bansos

– Jenis Bansos yang diterima

– Progres penyaluran Bansos.

Sebagai informasi, BST Rp 600 ribu Juli 2021 ini dicairkan melalui Kantor Pos, Penerima yang terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id akan mendapatkan undangan atau notifikasi untuk mencairkan bantuannya. (tim liputan).

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini