Sekda Kalbar Minta Kades Dan Lurah Benahi Tata Kelola Pemerintahan

Editor: Redaksi author photo
Sekda Kalbar, A.L Leysandri, S.H. 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L Leysandri, S.H. meminta kepada Desa dan Lurah yang terlibat dalam pemaparan penilaian untuk membenahi tata kelola pemerintahan di Desa dan Kelurahan masing-masing.

Hal tersebut disampaikanya pada saat membuka acara Pemaparan Kepala Desa dan Lurah 3 Besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat secara daring di Ruang Audiovisual Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (24/06/2021).

"Mari dibenahi tata kelola pemerintahan desanya. Oleh karena itu diharapkan para kades yang masuk nominasi pada hari ini tidak hanya memoles sesaat, kemudian para pendamping desa agar bisa membina terus bahkan kalau dapat Provinsi, Kabupaten mengevaluasi desa-desa terdahulu yang sudah dapat nilai tertinggi untuk di evaluasi sejauh mana perkembangannya terutama dalam desa mandirinya sebagaimana yang diharapkan dalam kategori desa mandiri," kata A.L Leysandri.

"Harapan Kami (Pemprov Kalbar) Kades dan Lurah bisa menjadi wakil di tingkat nasional. Karena hal ini tidaklah asing lagi bagi kita untuk memahami mengenai desa mandiri. Keinginan kita kepada mereka yang terpilih nantinya bisa menjadi suara kita untuk desa lainnya karena pemahaman mengenai desa mandiri ini yang terpenting", ungkapnya.

Dikatakannya, setiap desa mempunyai potensi seperti perkebunan, pertanian, perikanan dan lain-lain, ini yang harus kita kelola dan diharapkan desa dalam mengelola pertaniannya dan ada konsep baru yang namanya buka lahan tanpa bakar. 

"Ini juga salah satu yang akan didorong oleh dinas pertanian. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan oleh para Kades ketika musim tanam," ujarnya

Masih kata mantan Sekda Sanggau, menghimbau kepada masyarakat di masa pandemi ini untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

"Melalui himbauan Gubernur. Mari kita ikuti vaksinasi dengan target satu hari itu 1000 orang dan itu yang harus kita jalani, mari bersama Pemerintah gerakan vaksinisasi harus kita ikuti," ajaknya

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar, Ir. Yuslinda, M.M., mengatakan tujuan diselenggarakannya lomba desa dan kelurahan ini untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayahnya serta pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan sumber daya yang ada, mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan kelurahan pada aspek penyelenggaran pemerintah, kewilayahan dan kemasyarakatan serta sebagai bentuk apresiasi berupa penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Pada kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalbar meminta perwakilan lomba untuk memberikan paparannya.

Adapun peserta pemaparan Kepala Desa dan Lurah merupakan peraih tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 yaitu:

- Kepala Desa Pemangkat Kota Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

- Kepala Desa Semitau Hulu Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu.

- Kepala Desa Perigi Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang.

- Lurah Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak.

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini