Ada Gerhana Matahari Cincin Pada 10 Juni 2021 Ini, Benarkah Itu..?

Editor: Redaksi author photo
Foto  Ilustrasi Gerhana Matahari

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Ada Gerhana Matahari Cincin Pada 10 Juni 2021 ini, benarkah itu..?, Fenomena Gerhana Matahari pertama di tahun 2021 diperkirakan akan terjadi pada 10 Juni mendatang.

NASA menyebutkan jika Gerhana Matahari Cincin Api ini akan bisa terlihat di Kanada, Greenland dan Rusia. Di Kanada, fenomena itu akan bisa terlihat selama tiga menit, dikutip The Indian Express, Rabu (03/06/2021).

Saat mencapai puncaknya, masyarakat di Greenland dapat melihat Cincin Api. Setelahnya akan terlihat di wilayah Siberia dan Kutub Utara juga.

Negara-negara di wilayah seperti Amerika Serikat dan India tidak bisa melihat peristiwa tersebut.

Menurut laporan Timeanddate.com, Gerhana Matahari Cincin akan dimulai pukul 13:42 IST atau sekitar 15:12 WIB. Peristiwa tersebut akan terlihat hingga 18:41 IST atau 20:11 WIB.

Sebagai informasi, Gerhana Matahari memiliki tiga jenis yakni total, parsial dan cincin. Setiap tahunnya, Bumi hanya bisa melihat dua jenis saja.

Di tahun ini, peristiwa kedua Gerhana Matahari akan terjadi pada 4 Desember mendatang. Saat itu, masyarakat di wilayah Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, sebagian Samudera Hindia dan Antartika.

Gerhana Matahari pada Desember ini akan menghadirkan Gerhana Matahari Total. Jadi Bulan akan sepenuhnya menghalangi Matahari dan memberi bayangan di atas Bumi.

Peristiwa Gerhana Matahari ini akan hadir tak lama setelah Gerhana Bulan pada 26 Mei 2021 kemarin. Bertepatan dengan Hari Waisak, Gerhana Bulan terlihat hampir di seluruh wilayah di Indonesia. (tim liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini