Buka Puasa Bersama Pecinta Badik Di Mempawah, Merawat Tradisi Mencintai Budaya Bugis

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) - Dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan persatuan pencita badik, Lembaga Badik Celebes DPC Mempawah menggelar buka puasa bersama.

Kegiatan ini digelar di Pendopo Keraton Amantubillah Mempawah, hadir beberapa pengurus LBC DPC Mempawah, seperti ketua LBC DPC Mempawah Dimas Yudha Pratama, Wakil ketua Angga Mahendra, Bendahara Marisa dan Humas Ashadi.

Menurut Ketua LBC DPC Mempawah Yudha mengatakan, moment buka bersama ini sebagai upaya saling mengenal antar pengurus dan anggota karena LBC DPC Mempawah ini baru dibentuk tahun ini setelah dikeluarkannya SK Dari LBC Pusat yang beralamat Jalan Tamalate I, Tidung V Setapak X Makassar. Dan rencananya setelah lebaran nanti akan ada pelantikan pengurus LBC DPC Mempawah.

Yudha juga mengatakan kehadiran LBC ini sebagai salah satu khasanah budaya dan seni khas bugis yang akan menambah kekayaan budaya di Kalimantan Barat. Khususnya Kabupaten Mempawah. Sehingga kedepan LBC DPC Mempawah akan berkomitmen mengakat citra budaya dan seni badik bersama puluhan anggota yang telah bergabung.

Badik merupakan salah satu benda bersejerah dan memiliki filosofi yang tinggi sehingga dengan adanya Lembaga Badik Celebbes ini bisa mendongkrak nilai seni dan sejarah di Tanah Kalimantan.

"Buka bersama ini kami gelar untuk mempererat tali silahturahmi dan kebersamaan saling kenal dan bersama sama satu tujuan yakni mengakat nilai seni dan budaya serta sejarah badik di tanah Kalimantan," ungkap Dimas Yudha pratama.

Sementara di lokasi berbeda sekertaris LBC DPC Mempawah Samsul Hardi mengatakan meski tidak sempat hadir dalam kegiatan buka bersama tersebut tapi tetap akan terus berupaya mendorong dan mengakat citra dan Budaya Bugis di Kalbar, khususnya badik walau diakui Samsul ia sendiri belum memiliki badik.

Namun keanggotaan di LBC tidak mewajibkan harus memiliki badik, setidaknya senang dan memiliki keinginan untuk mengakat seni dan budaya Bugis khususnya badik tentu saja bisa bergabung agar sama sama bisa menciptakan generasi muda yang peduli terhadap seni dan budaya tanah air.

"Kami berkomitmen untuk mengakat seni dan budaya khas Bugis khususnya badik, agar dengan adanya kebersamaan dan keinginan untuk memajukan budaya maka LBC DPC Mempawah dibentuk, tidak wajib memiliki badik namun perlahan pasti akan ingin memiliki juga badik tersebut sebagai benda bersejerah dan memiliki nilai seni," ungkap Samsul kepada wartawan kalbarnews.

Usai pengesahan dan pelantikan nanti maka safari akan dimulai dengan memperkenalkan LBC DPC Mempawah kepada pemerintah Kabupaten Mempawah, kepolisian, dan tokoh adat dan budaya.

Penundaan pelantikan dikarenakan masih dalam pandemi sehingga kemungkinan pelantikan akan dilakukan secara virtual. Namun jika memang Kalbar mulai kasusnya menurun tidak menutup kemungkinan ketua LBC Pusat akan turun ke Kalbar melantik pengurus LBC DPC Mempawah.

"Saat ini pelantikan masih ditunda karena masih suasana pandemi, namun tidak menutup kemungkinan jika kasus menurun pelantikan akan dilakukan oleh Ketua LBC Pusat, tapi kita belum tahu apakah beliau akan hadir atau secara virtual,” tegas Yudha.

Diakhir acara buka puasa bersama dirangkai dengan sholat berjamaah hingga witir serta kegiatan pengenalan jenis badik dan makna dari beberapa badik tersebut hingga ritual pencucian badik. (samsul).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini