Semangat RA Kartini Menjadi Inspirator Politisi Perempuan Di Kalbar ini

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Sosok Kartini pahlawan bagi kaum wanita dan juga pelopor Emansipasi Wanita setiap tahun diperingati pada tanggal 21 April, karena sosok Kartini inilah membuat para kaum hawa terinspirasi dan ingin menjadi wanita yang berani berfikir maju dan membuat wanita juga sejajar dengan kaum pria.

Hal itulah pula yang menginspirasi Anggota DPRD Kalbar Ermin Elviani, di era modern sekarang ini wanita perlu berfikir maju, dan berfikir untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara, sebab wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikanya sebagai ungkapan peringatan Hari Kartini pada 21 April 2021 kepada redaksi kalbarnews.co.id di ruang kerjanya DPRD Provinsi Kalimantan Barat jalan A Yani Pontianak, Rabu (21/04/2021).

Ermin Elviani atau yang biasa disapa Evi ini menyatakan di tengah pandemi sekarang peran wanita juga sangat diperlukan sebagai pelopor edukasi protokol kesehatan dan menjadi contoh wanita yang disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, sebagai bentuk mendukung pemerintah dan bangsa dalam mencegah dan melawan covid-19.

"Kita sebagai wanita harus berfikir sama untuk memajukan bangsa, seperti yang dilakukan Raden Ajeng Kartini dalam membawa kaum perempuan bisa sejajar dengan kaum laki- laki mendorong dan mendukung kemajuan bangsa sesuai dengan peran dan fungsinya,” ungkap Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kalbar ini.

Ermin Elviani menambahkan perempuan harus memiliki semangat membangun bangsa dan negara, moment hari kartini yang tiap tahun diperingati jangan hanya sebagai seremonial semata, tetapi harus diimplementasikan dalam perjuangan membangun dan memajukan bangsa di era modern dan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

"Kita perempuan harus punya mimpi kedepan untuk maju, seperti semangat R.A Kartini," ungkap Politisi Demokrat Dapil Mempawah  dan Kubu Raya ini.

Hal yang sama disapmaikan politisi Partai PDI Perjuangan Niken Tia Tantina, yang merupakan Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalbar.

Niken mengatakan sebagai seorang perempuan harus punya semangat dan mencontoh kekuatan tekad dan spirit R A Kartini.

Tidak pernah menyerah apa lagi mengeluh dalam mempertahankan citra seorang perempuan untuk sejajar dengan kaum pria.

"Pada dasarnya R.A Kartini adalah contoh wanita yang memberikan semangat positif bagi kaum perempuan, yang memiliki semangat dan tekad yang kuat mendorong kemajuan perempuan dan bangsa, yang wajib kita ikuti jejak dan langkahnya," ungkap Niken.

 

Para Srikandi DPRD Kalbar ini, selain memperjuangkan suara rakyat, ia juga memperjuangkan hak-hak perempuan dan suara perempuan diparlemen. Selain untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat perannya sebagai wakil rakyat adalah bentuk nyata pengabdian dalam membangun bangsa dan negara sebagai seorang wakil rakyat seorang perempuan.

Srikandi ini juga meminta masyarakat khususnya kaum perempuan untuk menjadikan R.A Kartini contoh wanita tangguh, dan di era modren dan di tengah pandemi seperti sekarang yang belum usai dengan mentaati protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan bersama. (samsul).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini