Menkes Bertemu Menlu Inggris Perkuat Kerja Sama Bilateral Hadapi Pandemi COVID-19

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Dalam rangka memperkuat upaya penanganan pandemi COVID-19, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di sela-sela kunjungan Menlu Inggris ke Indonesia.

Menteri Kesehatan mengungkapkan bahwa pandemi tidak dapat diakhiri dengan hanya satu negara yang bertindak sendiri, diperlukan kolaborasi yang baik dan kuat dari semua negara.

“Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi pandemi COVID-19. Vaksinasi sudah dimulai sejak Januari 2021 untuk kelompok prioritas warga negara Indonesia”, ungkap Menkes Budi Sadikin.

Hal serupa juga turut diungkapkan Menteri Luar Negeri Inggris. Dominic Raab mengatakan bahwa mengalahkan pandemi adalah sebuah upaya global yang membutuhkan inovasi, kemitraan dan determinasi. Menlu Inggris juga mengapresiasi kinerja Indonesia selaku co-chair COVAX Facility dalam penyediaan akses vaksin COVID-19, khususnya untuk negara berkembang.

Kedua Menteri juga membahas perkembangan implementasi kerja sama bilateral yang telah disepakati oleh kedua Negara pada bulan Juni 2020 lalu. Keduanya sepakat untuk dilakukannya penguatan dan perluasan kerja sama kesehatan antara Inggris dan Indonesia

khususnya kerja sama antara perusahaan farmasi Indonesia dengan perusahaan farmasi Inggris dalam hal alih teknologi produksi vaksin dan obat-obatan, peningkatan kapasitas dan jejaring laboratorium untuk surveilans, penelitian mutasi virus sebagai pencegahan dan pengendalian pandemi di masa mendatang, peningkatan dan pengembangan telemedicine dan digital healh di Indonesia.

penanggulangan resistensi antimikroba, peningkatan ketahanan terhadap cyberattack, serta pengurutan genome.

Menkes RI juga mengharapkan dukungan Pemerintah Inggris terkait untuk Keketuaan Indonesia pada Forum G20 tahun 2022 mengingat pengalaman Inggris sebagai Ketua G7 tahun 2021. Salah satu agenda yang diusung Indonesia pada G20 adalah digital health. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini