Jelang Kepulangan Santri-santriwati Pemerintah Provinsi Kalbar Siapkan Hal Ini

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Kabar gembira bagi Santri-santriwati asal Kalimantan Barat yang akan pulang dalam rangka libur menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan memfasilitasi Test SWAB RT-PCR dengan menunjukkan hasil Test Swab Antigen sebelumnya.

Diperkirakan sekitar 3 ribu Santri-santriwati asal Kalimantan Barat akan pulang ke wilayahnya masing-masing, pemulangan santri tersebut pun dengan cara bertahap dan akan tiba beberapa hari kedepan, Jumat (26/03/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menjelaskan keberangkatan syarat terbang ke Kalimantan Barat yakni seluruh Santri-santriwati sebelumnya akan melakukan Test SWAB RT-PCR di Bandara Supadio Pontianak dengan menunjukkan hasil Test Swab Antigen Sebelumnya.

"Para Santri-santriwati ini merupakan anak-anak kita sendiri anak-anak Kalbar yang sedang mondok belajar di luar Kalbar yang akan pulang ke daerah masing-masing dalam rangka libur puasa dan lebaran, Setibanya mereka di Kalbar ribuan santri tersebut akan langsung di tes Swab RT-PCR, " jelas Harisson.

Harisson juga menjelaskan jika ini adalah merupakan wujud tanggung jawab Pemprov Kalbar terhadap kesehatan para santri, dirinyapun berharap dengan datangnya para Santri-santriwati ini, tidak akan menyebabkan kasus Covid-19 di Kalbar melonjak.

"Persiapan sudah kami lakukan guna menunggu kedatangan para santri yang akan tiba di Kalbar dalam beberapa hari kedepan," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Satgas Peduli Covid-19 PCNU Kab Kubu Raya, Edi Suhairul meminnta kepada Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan Provinsi melakukan sosialisasi kepada Instansi terkait seperti pihak Bandara setempat, serta Pihak KKP.

“Hal ini diperlukan karena kepulangan Santri-santriwati dari berbagai Pondok Pesantren yang tersebar di luar Kalimantan Barat tidak sekaligus, sehingga perlu pengawalan serta pendataan yang akurat,” ujar Edi.

Edi juga mengatakan Prosentase jumlah Santri-santriwatiyang berasal dari Kabupaten Kubu Raya termasuk yang paling banyak, tentu perlu perhatian khusus dan secara kebetulan Bandara Supadio berada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Kami berharap kedatangan Santri-santriwati menjelang libur Ramadhan dan Idul Fitri ini bisa menjadi perhatian kita semua,” pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini