Aprilia Manganang Atlet Volly Putri Kini Resmi Menjadi Aprilio Perkasa Manganang, Ini Ungkapannya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Belakangan ini Nama Aprilia Manganang yang tenar sebagai Atlet Volly Wanita yang juga seorang anggota TNI semakin viral karena pergantian statusnya dari seorang wanita menjadi seorang Pria.

Kini Aprilia Manganang telah resmi berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Mangganang setelah Pengadilan Negeri (PN) Tondano Sulawesi Utara mengabulkan pergantian indentitasnya, Jumat (19/03/2021).

Aprilio menyambut putusan hakim itu dengan ucapan syukur. Mantan atlet voli nasional itu mengaku perubahan identitas itu sudah sejak lama ia nantikan.

"Terima kasih yang mulia, terima kasih banyak yang mulia. Semoga ini awal yang baik buat saya ke depan. Awal yang baru karena ini yang saya tunggu selama ini," ucap Aprilio sembari menahan haru saat berlangsungnya sidang virtual.

"Puji Tuhan akhirnya saya bisa melewati ini semua ini berkat pak KSAD [Andika Perkasa], bu Hetty dan para dokter. Saya bersyukur bisa melewati ini. Ke depan saya fokus ke profesi saya sebagai prajurit TNI AD di mana pun saya ditempatkan," ujarnya terharu.

Sebelumnya, Hakim PN Tondano, Nova Laura telah membacakan putusan terkait sidang pergantian identitas Aprilio. Hakim mengabulkan permohonan nama dan pergantian jenis kelamin dan perubahan itu diharapkan bisa diterapkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Hal itu berarti kartu tanda penduduk dan akta kelahiran Aprilia bakal berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang berubah jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki. Menetapkan perubahan nama pemohon dari Aprilia Santini Manganang ke Aprilio Perkasa Manganang," kata hakim Nova Laura.

Sejak lahir Aprilio dianggap keluarga berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Aprilia Santini Manganang. Mantan atlet voli berusia 28 itu mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia atau bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

Setelah dilakukan rekam medis ulang di RSPAD Gatot Subroto, diketahui hormon testosteron Aprilio lebih tinggi. Tak hanya itu di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki perempuan. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini