Wakil Bupati, Sujiwo Berharap Masyarakat Kubu Raya Ikut Berperan Aktif Dalam Penanggulangan Covid-19

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Peran aktif masyarakat dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 mutlak diperlukan. Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (21/12/202), saat memimpin rapat evaluasi kinerja Satgas Covid-19 Kubu Raya. Ia mengatakan sehebat apapun upaya pemerintah menanggulangi pandemi, tidak akan berarti tanpa peran aktif masyarakat.

“Artinya, peran masyarakat ini sangat penting. Kita teriak-teriak seperti apapun, jika peran masyarakat tidak linier dengan semangat pemerintah, maka semua upaya tidak akan maksimal,” ujarnya.

Sujiwo mengatakan Satgas Covid Kabupaten terus fokus dengan tugas utamanya. Di sisi lain, respons positif masyarakat sangat diharapkan dalam menyikapi semua yang telah dilakukan Satgas. Sebab ia menilai sejatinya masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Saya ingin tegaskan bahwa tenaga kesehatan itu sebenarnya bukan garda terdepan. Garda terdepan adalah masyarakat. Ketika mereka mampu menerapkan protokol kesehatan, maka rantai penularan akan mudah terputuskan. Nah, ketika jebol pertahanan yang garda terdepan, barulah nanti urusannya ke tenaga kesehatan termasuk dokter,” tuturnya.

Karena itu, ia mengajak seluruh tokoh masyarakat untuk terus mengingatkan masyarakat agar berperan aktif dalam penanggulangan pandemi. Terlebih di tengah banyaknya tantangan termasuk maraknya kabar bohong yang beredar terkait masalah vaksinasi Covid-19. Mulai dari soal kehalalan hingga efektivitas vaksin.

“Tantangan ke depan adalah banyaknya berita hoax yang ditelan mentah-mentah oleh sebagian masyarakat kita.  Ini pengalaman di lapangan, masih ada yang bertanya soal kehalalan, efektivitas, dan sebagainya. Untuk kepentingan publik, masyarakat harus seirama dan satu nafas dengan pemerintah,” harapnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini