Pantau Pelaksanaan Pilkada Pangdam XII/TPR dan Kapolda Kalteng Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PALANGKA RAYA) - Untuk mengetahui secara langsung perkembangan situasi yang ada di lapangan, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau beberapa lokasi TPS pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (09/12/2020).

Pemantauan langsung ini dihadiri juga Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, para PJU Kodam XII/Tpr, Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg serta Dandim 1016/Plk. Rombongan berpatroli bersama untuk meyakinkan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., yang ikut dalam rombongan menjelaskan, kedatangan Pangdam serta rombongan adalah untuk memantau secara langsung situasi yang ada di lapangan.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada petugas TPS serta masyarakat yang sedang menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin daerah 5 tahun kedepan," jelas Kapendam.

Dikatakan Kapendam, selain meninjau pelaksanaan pemungutan suara, kegiatan ini juga untuk meyakinkan pelaksanaan Pilkada serentak dilaksanakan dengan mempedomani dan menegakan protokol kesehatan.

"Semua pihak tidak menginginkan pelaksanaan pesta demokrasi ini menjadi kluster baru kasus Covid-19. Untuk itu dalam pelaksanaanya juga perlu dilakukan pengawasan," ujar Kapendam.

Kapendam mengungkapkan, adapun rute yang dipantau meliputi TPS  di jalur jalan RTA. Milono, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut dan TPS jalur jalan Yogyakarta, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya.

"Dari hasil pantauan di lapangan, pelaksanaan pemungutan suara berlangsung aman, lancar dan kondusif" ungkap Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Lanjut Kapendam mengungkapkan, selain melaksanakan pemantauan langsung di lapangan, Pangdam juga melakukan monitoring pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kodam XII/Tpr.

Untuk di Provinsi Kalbar Pilkada Serentak dilaksanakan di tujuh kabupaten. Diantaranya Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, Sekadau, Bengkayang, Melawi, Sintang dan Kabupaten Sambas.

"Sedangkan untuk di Provinsi Kalteng seluruh Kabupaten dan Kota melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Terdapat satu kabupaten yang melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur," tutup Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. (Sumber : Pendam XII/Tpr/tim liputan).

Editor : Aan 

Share:
Komentar

Berita Terkini