Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar ajak BUMN, BUMD dan BI Berkolaborasi

Redaksi
Ketua Dekranasda Kalbar, Lismaryani Sutarmidji saat tutup RakorDekranasda Prov Kalbar 2020

Pontianak (Kalbarnews.co.id) - Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji, menekankan kepada seluruh BUMN, BUMD dan BI untuk bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi untuk memajukan Dekranasda yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, terutama Dekranasda Kabupaten/Kota.

“Saya mengharapkan Bapak Ibu dapat bersinergi dengan Dekranasda Provinsi yang lebih dapat meyentuh seluruh Dekranasda di Kabupaten/Kota,” ujarnya saat menutup kegiatan Rapat Koordinasi Dekranasda Provinsi Tahun 2020 di Pontianak, Kamis (20/02/2020).

Lismaryani berpesan pula kepada peserta rapat untuk dapat menyampaikan kepada pengambil keputusan agar ikut memajukan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Kalbar. Selain mengharapkan kerjasama dari perangkat pemerintah, dia juga menekankan kepada pihak BUMN, BUMD dan BI untuk dapat berkerja sama dalam memajukan perajin yang ada di Kalimantan Barat.

“(Program Dekranasda Provinsi) memajukan perajin, memang yang agak kurang ya berada di Kalbar. Itu yang akan ditingkatkan,” ungkap Lismaryani.

Ditambahkannya, apabila ada program Dekranasda Provinsi yang sejalan dengan program CSR atau pembinaan perajin, Lismaryani mengharapkan BI, BUMN, dan BUMD dapat bersinergi.

“Saya harapkan BI, BUMN dan BUMD juga dapat bersinergi dengan kami bersama-sama, untuk memajukan perajin, agar kulitas dan kuantitas produk kerajinan dapat ditingkatkan,” jelasnya.

Istri orang nomor satu di Kalimantan Barat ini mencontohkan apa yang telah dicapai oleh Nusa Tenggara Timur. Mereka berhasil memperoleh rekor MURI karena penenun-penenun mudanya. Lismaryani juga berharap anak-anak muda, terutama anak-anak yatim dan kurang mampu di Kalimantan Barat memiliki kemandirian dalam berkarya.

Dalam kesempatan yang sama, Bank Kalbar memaparkan kegiatan tentang pembinaan kepada para perajin, pengusaha, dan start up (usaha rintisan). Pihaknya membina dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun pelatihan bersama dengan produk Bank Kalbar. Begitu juga BRI, mereka memiliki usaha binaan yang dibantu melalui KUR serta pelatihan. (tha/tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini