Gerakan Wisata Tanam Padi Millenial di Kecamatan Terentang Di Mulai

Editor: Redaksi author photo
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat canangkan Program Wisata Tanam Padi Millenial di Terentang 
Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Setelah sukses meluncurkan Gerakan Wisata Tanam Padi Milenial di Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap pada Minggu (03/11/2019), Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali melakukan kegiatan serupa, Kali ini tanam padi dilakukan di Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang, Sabtu (09/11/2019).

Tak kalah meriah dengan kegiatan sebelumnya, tanam padi di Teluk Empening dengan melibatkan kaum muda juga berlangsung semarak. Mulai siswa hingga mahasiswa antusias terjun ke sawah untuk menanam padi.


Kegiatan diawali dengan ngopi di sawah yang dilanjutkan senam massal Tari Harmoni dan Joget Pesona Kubu Raya di atas areal persawahan. Seusai tanam padi, dilakukan penebaran benih ikan nila dan ikan lele sebanyak 35 ribu ekor. Di kolam sepanjang 270 meter dengan kedalaman 4 meter dan lebar 4 meter. Lokasi kolam berdampingan dengan areal sawah.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, gerakan wisata tanam padi merupakan salah satu strategi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk menjadikan isu pertanian dan ketahanan pangan sebagai bagian sangat penting bagi Kubu Raya dan Kalimantan Barat.

"Kenapa kegiatan ini memakai kata gerakan, Karena pola kegiatan ini akan menjadi gerakan masif dan tren baru bagi Indonesia,” tuturnya.

Ia melanjutkan, program wisata tanam padi  menjadi penggerak bagi masyarakat dalam membangkitkan peradaban pangan yang sangat penting dan berharga.

“Sekaligus cara kita untuk mengembalikan kejayaan beras lokal Kubu Raya yang sempat hilang dari pasaran selama lima tahun terakhir ini," jelasnya.

Sementara itu Camat Terentang, Suharto, SE mengatakan masyarakat diwilayah sangat mendukung Program Gerakan Wisata Tanam Padi Millenial.

"Kecamatan Terentang sebagian besar adalah daerah pertanian tentu sangat sesuai dengan Program ini," ungkap Suharto. (tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini