PDAM Tirta Raya Kubu Raya Menjadi Sorotan Sutarmidji

Editor: Redaksi author photo
Layanan PDAM tirta Raya menjadi sorotan Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Peringatan HUT Kubu Raya ke-12 

Kubu Raya (Kalbar News) - Gubernur Kalbar, Sutarmidji hadiri puncak peringatan HUT Kubu Raya ke 12 yang diawali dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Rabu (17/07/2019).

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Kegiatan itu dihadiri pula Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan,  dan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam, Danlanud Supadio, Kapolresta Pontianak, Duta Besar Canada dan Perangkat Daerah lainya.

Dalam Sambutanya Gubernur Kalbar Soroti PDAM Kubu Raya, Sutarmidji mengatakan Kabupaten berpenduduk lebih dari 600 ribu jiwa ini Air bersih sangat diperlukan, untuk itu PDAM harus memperbaiki manajemen dan pelayanan, Sebab perbaikan PDAM akan memudahkan masuknya para penanam modal.

Kantor PDAM Tirta Raya di Jl Arteri Supadio Sui Raya 

"Kubu Raya saya sarankan untuk membenahi PDAM nya karena investasi apapun di sini kalau air tidak tersedia dengan baik, air bersih tidak ada maka investasi itu akan lari ke tempat lain," ujarnya.

Demi memudahkan masuknya investasi, Sutarmidji juga berpesan agar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melakukan percepatan pelayanan perizinan. Hal itu dikatakan Midji karena Presiden Republik Indonesia telah memberi instruksi untuk membuka investasi seluas-luasnya.

"Sesuai instruksi Presiden untuk membuka seluas-luasnya investasi. Untuk Kalbar saja, PTSP nya itu saya suruh memangkas lamanya perizinan sampai separuh. Jadi kalau lima hari jadi 2,5 hari. Bahkan, sekarang kita izin itu tidak lagi hitungan hari. Hitungannya jam. Bahkan sewaktu jadi Wali Kota itu hitungannya menit, tidak lagi hitungan jam. Semakin cepat pelayanan semakin baik," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Tanjungpura ini meminta Pemkab Kubu Raya untuk memperkuat sinergi dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Ia juga optimis bahwa di bawah kepemimpinan Muda Mahendrawan dan Sujiwo, Kubu Raya akan lebih maju dibandingkan sebelumnya.

"Sinergitas antara Kubu Raya dan Kota Pontianak sangat penting, Kubu Raya dan Provinsi Kalbar juga penting dalam rangka percepatan-percepatan. Saya yakin Pak Muda dan Pak Jiwo bisa membuat Kubu Raya ini jauh lebih maju. Prioritas sebenarnya setiap tahun ada infrastruktur pemerintahan seperti kantor dan lain sebagainya itu harus. Mudah-mudahan bisa," imbuhnya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, PDAM Kubu Raya sudah semestinya diperbaiki dan saat ini pihaknya memang tengah melakukan pembenahan.

"Betul yang disampaikan Pak Gubernur. Memang sudah harus kita perbaiki dan diperkuat lagi manajemennya ke situ. Sekarang kita memang tengah menyesuaikan Perda PDAM sehingga dengan regulasi ini kita akan masukkan penyertaan modal. Dari pusat pun termasuk dari Bappenas juga sudah kita sampaikan terkait air bersih ini. Kalau yang di luar jangkauan, kita sistem air bersihnya menggunakan sistem sumur bor dan penyaringan," pungkasnya. (tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini