Gereja Katolik Sekabu Paroki Mempawah Diresmikan

Editor: Redaksi author photo

Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Kalbar, Cornelis 

MEMPAWAH (Kalbar News) -Gereja Katolik Sekabu Paroki Sungai Pinyuh Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah dinmyatakan telah usai dibangun. Sehingga dilakukan peresmian ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalbar dan Uskup Agung Pontianak, pemberkatan oleh uskup Agung dan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Rabu (8/3)

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus, mengharapkan dengan adanya gereja ini pembinaan iman umat semakin ditingkatkan dan kediaman roh kudus di daerah ini karena yang sudsh disatukan dalam sakramen pembabtisan akan dapat selalu berkumpul untuk mendengarkan sabda Tuhan dalam Gereja ini.
Ketua Panitia pembangunan Gereja Santo Yohanes Stasi Sekabu, Ignasius mengatakan, stasi Sekabu masuk wilayah paroki sei Pinyuh Keuskupan Agung Pontianak.Gereja ini mulai dibangun 9 Maret 2013 peletakan batu pertama oleh dr karolin Margret Natasa saat itu masih anggota DPR RI, Sedangkan lahannya menggunakan  tanah hibahan dari warga setempat, Tamsah

"Pembangunan gereja rangka beton itu menghabiskan Rp 781.305.000. Angaran diperoleh dari bantuan Pemprov Kalbar, Pemkab Mempawah, donatur lembaga maupun pribadi serta swadaya umat," ujar Ignasius
Sementara itu, Pastor Paroki Sui Pinyuh, Sajimin,mengatakan, setelah peletakan batu pertama, setahun kemudian baru kerangkanya, karena ukuran besar maka umat swadaya karena ingin punya gereja standar, selsin bantuan pemerintah, pengumpulan dana pembangunan dari aksi paroki mandiri setahun 70-80 juta. Bantuan ordo Fransiskan.

"Ketika peletakan batu pertama, ada tiga batu yang diletakan melambangkan bapa putera dan roh kudus." ujar Sajimin.

Ditempat yang sama, Ketua pemuda katolik RI, dr Karolin Margret Natasa mengatakan, pembangunan rumah ibadah untuk meningkatkan keiman umat katolik setempat.

"Gereja yang sudah ada Jangan sekedar bangunan, jangan jadi gereja janda yang pergi hanya ibu-ibu. Gereja bagus umatnya bagus rajin sembahyang semoga kehidupan umat beragama di Mempawah semakin rukun dan baik." ujar Karolin.

Selain itu dirinya berharap, adanya pembinaan terhada pemuda maupun pemudi, sehingg hingga bisa menjadi generasi muda harapan bangsa yang kuat tahan tempa.(mad)

Editor : Edi Suhaerul 
Share:
Komentar

Berita Terkini