KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO pada 15 September 2024 lalu menggelar acara istimewa di Museum of Modern Art (MoMA), New York City, yang bertepatan dengan peringatan 20 tahun beroperasinya UNIQLO di Amerika Serikat. Acara yang bertajuk The Art and Science of LifeWear ini diselenggarakan bersama dengan mitra strategis UNIQLO dalam bidang teknologi, Toray Industries, untuk menampilkan n teknologi dan inovasi unik di balik setiap koleksi UNIQLO LifeWear.
Acara ini juga menyoroti berbagai kolaborasi global yang terus mendorong evolusi LifeWear, termasuk menghadirkan penampilan perdana Cate Blanchett sebagai Global Brand Ambassador terbaru UNIQLO, hingga pengumuman kejutan spesial lainnya mengenai penunjukkan Seniman Kontemporer KAWS sebagai Artist In Residence pertama. (23/9/2025)
Dari kiri ke kanan: Mitsuo
Ohya (Presiden, Toray Industries); Roger Federer; Clare Waight Keller; Tadashi
Yanai (UNIQLO Founder and Chairman, President &
CEO of Fast Retailing); Cate Blanchett; KAWS; John C. Jay
(Presiden Global Creative, Fast Retailing)
Dalam pidato utamanya di acara tersebut, UNIQLO Founder and Chairman, President & CEO of Fast Retailing, Tadashi Yanai, menyampaikan,“”Hari ini menandai peringatan 20 tahun sejak UNIQLO membuka toko pertamanya di Amerika Serikat pada tahun 2005. Dalam peringatan ini, sebuah kebanggaan besar bagi dapat menghadirkan LifeWear di Museum of Modern Art, New York, sebuah institusi ikonik yang telah menjadi mitra UNIQLO selama lebih dari satu dekade. Sejak pertama kali UNIQLO hadir, misi kami adalah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui pakaian. LifeWear sendiri merupakan perwujudan nyata dari misi tersebut yang dibangun di atas fondasi kemitraan erat kami dengan Toray.
Ke depannya, kami
akan terus bekerja sama dengan Toray untuk menghadirkan pakaian yang relevan
dengan perubahan gaya hidup, hingga memberikan nilai nyata dan manfaat
sesungguhnya bagi pelanggan.””
Turut serta dalam acara
tersebut, Presiden Toray Industries,
Inc., Mitsuo Ohya, menyampaikan bahwa “Toray mulai bekerja sama dengan UNIQLO pada tahun
1999 dan menjalin kemitraan strategis pada tahun 2006. Visi kami adalah
menciptakan pakaian yang mampu meningkatkan kualitas hidup setiap orang menjadi
lebih baik. Untuk menghadirkan LifeWear ikonik yang menginspirasi dunia, kami
senantiasa berkomitmen untuk terus mendorong batas teknologi serta membuka
potensi material guna menghadirkan nilai baru.””
Diskusi
Panel Bersama Global Brand Ambassadors
Setelah pidato utama, acara
dilanjutkan dengan diskusi panel khusus bersama Global Brand Ambassador UNIQLO,
Roger Federer dan Cate Blanchett, dengan dipandu langsung oleh Creative
Director UNIQLO, Clare Waight Keller. Diskusi Ini menjadi penampilan publik
perdana Blanchett sejak penunjukannya sebagai Global Brand Ambassador, pada
Agustus lalu. Dalam percakapan yang hangat, para panelis menyampaikan
perspektif mereka mengenai arti kolaborasi bersama UNIQLO serta hal-hal apa
yang membuat mereka antusias terhadap masa depan.
Dalam kesempatan tersebut
juga, Cate Blanchett mengungkapkan,
"Memiliki pakaian berkualitas yang dibuat dengan sangat baik seharusnya
tidak dianggap sebagai sebuah kemewahan,
dan saya percaya, itulah DNA sejati dari UNIQLO."
KAWS Bergabung sebagai Artist In Residence Pertama UNIQLO
Sebagai penutup acara,
UNIQLO mengumumkan penunjukan KAWS sebagai Artist In Residence pertama. Seniman
kontemporer ini kemudian naik ke atas panggung untuk berbicara mengenai peran
barunya, yang akan memperkuat inisiatif UNIQLO melalui program seni yang diadakan
di toko-toko UNIQLO di seluruh dunia serta kolaborasi bersama dengan berbagai
mitra museum UNIQLO. Sebagai Seniman Residen, KAWS juga akan berkontribusi
dalam pengembangan produk LifeWear di masa mendatang, dengan koleksi perdana
yang akan hadir pada musim Fall/Winter 2025.
“Suatu
kebanggaan bagi saya dapat melangkah lebih jauh, dan menjadi Artist In
Residence pertama, bersama mitra lama saya, UNIQLO. Melalui peran ini, saya
berharap dapat terhubung dengan berbagai komunitas seni, serta para kreator
global untuk menghadirkan generasi baru kolaborator UNIQLO,” ujar KAWS mengenai penunjukan barunya. “Saya
juga menantikan kesempatan untuk dapat mengembangkan berbagai inovasi baru
dalam LifeWear.””
“Di
dunia yang terus berkembang, seni kini menjadi lebih penting dan bermakna
sebagai wujud ekspresi kemanusiaan kita. KAWS telah menembus batas-batas
tradisional dunia seni, sebagaimana UNIQLO berupaya mendefinisikan ulang
industri pakaian melalui LifeWear,” ujar John C Jay, President of Global Creative of
Fast Retailing. “Sebagai
Artist In Residence, KAWS akan membantu UNIQLO memperluas apresiasi dan
partisipasi global terhadap seni dan kreativitas untuk semua orang.””
Acara ini juga mengajak para
undangan untuk menjelajahi instalasi interaktif yang menampilkan tiga pilar
utama LifeWear. Di area Technology For
All menyoroti inovasi hasil kolaborasi UNIQLO dan Toray. Kemudian, Art For All merayakan generasi baru
kemitraan UNIQLO dengan MoMA. Terakhir, Heart
For All menegaskan komitmen UNIQLO untuk terus meningkatkan kualitas hidup
masyarakat di seluruh dunia melalui LifeWear. (Tim Liputan)
Editor : Aan