Tokopedia, TikTok Shop, KemenUMKM Latih Juragan UMKM #JualanNyaman lewat Creators Lab |
Vonny Ernita Susamto, Direktur Tokopedia
dan TikTok E-commerce, mengatakan, “Melalui Creators Lab,
Tokopedia dan TikTok Shop mengedukasi kreator baik affiliate maupun penjual mengenai pemanfaatan konten video pendek (short video) dan live streaming di era discovery
e-commerce di mana keputusan berbelanja cenderung dipengaruhi oleh konten
video TikTok.”
Di Ramadan tahun ini,
misalnya, live streaming di TikTok
ditonton 2,8 miliar kali. Kenaikan nilai transaksi di TikTok Shop karena live streaming saat sahur bahkan
mencapai 24 kali lipat.
Sinergi Creators Lab di program
KemenUMKM buat pelaku usaha makin berdaya
“Ada jutaan penjual di
Tokopedia dan TikTok Shop yang mayoritas UMKM, maka kami mendukung ‘Juragan
UMKM’ KemenUMKM RI dengan mengintegrasikan Creators Lab, agar makin banyak UMKM
yang mahir membuat konten video dan merasakan manfaatnya dalam membangun merek,
memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan,” kata Vonny.
Wakil Menteri UMKM RI, Helvi Moraza, menjelaskan, “Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM terdigitalisasi pada tahun 2025 untuk memperkuat sektor ekonomi digital. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan Workshop Digital Juragan UMKM bekerja sama dengan Tokopedia dan TikTok Shop.
Kami menargetkan dalam satu tahun ke depan, sebanyak 22.000
pengusaha mikro akan terhubung melalui kegiatan Workshop Digital Juragan UMKM
yang tersebar di 50 titik PLUT, bekerja sama dengan marketplace. Melalui kegiatan ini, diharapkan kontribusi sektor
ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dapat meningkat
hingga 8-9% pada tahun 2025.”
Tokopedia, TikTok Shop, KemenUMKM
edukasi #JualanNyaman
“Setidaknya, terdapat
50 pengusaha mikro terlibat dalam workshop
ini, yang mencakup materi pengenalan kreator afiliasi, pengembangan personal branding, perancangan skrip
video afiliasi, serta strategi dan praktik pembuatan konten dan live streaming hingga edukasi Hak
Kekayaan Intelektual (HKI) agar pelaku UMKM bisa #JualanNyaman di Tokopedia dan
TikTok Shop,” kata Helvi.
Materi HKI di Creators
Lab untuk #JualanNyaman terdiri dari imbauan menaati peraturan, misalnya dengan
tidak menggunakan foto/judul/deskripsi produk dari merek lain tanpa izin.
Selain itu, peserta diajarkan cara menjadi penjual berstatus ‘Power Shop’ atau ‘Mall’
di TikTok Shop untuk meningkatkan kepercayaan pembeli sekaligus menaikkan
pendapatan.
Tokopedia dan TikTok Shop juga menyampaikan regulasi perlindungan HKI, fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi HKI, serta ajakan bergabung di dalam Pusat Perlindungan KI untuk makin mempermudah UMKM melindungi HKI. ((Tim Liputan)
Editor : Aan