Pencanangan Desa Bersinar Di Sumut Momentum Episentrum Perlawanan Terhadap Narkotika

Editor: Redaksi author photo

 Pencanangan Desa Bersinar Di Sumut Momentum Episentrum Perlawanan Terhadap Narkotika 

KALBARNEWS.CO.ID (TANJUNG BALAI)
- Sebagai tindak lanjut sinergitas bersama dalam menghadapi kompleksitas permasalahan narkotika di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Marthinus Hukom bersama para stakeholders melakukan prosesi Pencanangan Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kelurahan Selat Tanjung Medan, Tanjung Balai, Sumatera Utara, pada Rabu (24/4/2024).


Prosesi ditandai dengan penabuhan beduk oleh Kepala BNN RI yang diikuti dengan penabuhan kentongan oleh Kapolda Sumatera Utara; Direktur Pengembangan Kapasitas Pemerintah Desa, Data dan Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri; Perwakilan Pj. Gubernur Sumatera Utara; Walikota Tanjung Balai; dan Lurah Selat Tanjung Medan. 


Dalam prosesi tersebut, Kepala BNN RI secara simbolis menerima Peraturan Daerah tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Walikota Tanjung Balai, H. Waris Thalib, S.Ag., M.M., sebagai bentuk komitmen Kota Tanjung Balai dalam P4GN. 


Walikota Tanjung Balai dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya serius dalam penanggulangan permasalahan narkotika di Kota Tanjung Balai. Ia menginginkan wilayah Selat Tanjung Medan yang berada di kota Tanjung Balai benar-benar bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika sehingga dapat menjadi pilot prjocet bagi seluruh wilayah di Tanjung Balai dan Sumatera Utara. 


Senada dengan Walikota Tanjung Balai, Lurah Selat Tanjung Medan menguatkan pernyataan Walikota bahwa sejak dicanangkannya Kelurahan Selat Tanjung Medan sebagai Kelurahan Bersinar, maka sejak saat itu pula masyarakat Kelurahan Selat Tanjung Balai menyatakan perang terhadap narkotika.


Melihat semangat dan komitmen tersebut, Kepala BNN RI menegaskan bahwa Sumatera Utara, khususnya Kota Tanjung Balai tidak akan sendirian melakukan perlawanan tersebut. BNN bersama kementerian dan lembaga terkait beserta aparat penegak hukum, hadir di tengah masyarakat untuk memberikan penguatan dan jaminan.


"Kami (BNN) fokus disini untuk bersama-sama Bapak/Ibu sekalian, menyelesaikan permasalahan narkotika dari sumbernya (jalur masuk peredaran narkotika)," pungkas Kepala BNN RI. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini