Pemkab Sintang Tampilkan Tarian Kolosal Massal Libatkan 662 Penari

Editor: Redaksi author photo

Harisinto Linoh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang 

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Sintang, Pemerintah Kabupaten Sintang akan melaksanakan pertunjukan Tarian Kolosal Massal di Stadion Baning Sintang pada Selasa, 14 Mei 2024 mendatang.


Hal tersebut disampaikan Harisinto Linoh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang saat memimpin rapat persiapan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Sintang yang ke 662 Tahun 2024 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, 23 April 2024.


“Tarian kolosal ini merupakan tarian kolosal multi etnik. Karena akan melibatkan etnis-etnis yang ada di Kabupaten Sintang. Tarian ini akan dikoordinir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. Dan sudah disanggupi, bahwa tarian kolosal massal multi etnis ini akan melibatkan penari sebanyak 662 orang sesuai dengan peringatan hari jadi Kota Sintang yang ke 662 tahun” terang Harisinto Linoh.


Syarief Yasser Arafat Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang juga Koordinator Seksi Acara menjelaskan bahwa syair lagu yang akan mengiringi 662 penari ini sedang disusun oleh tim.


“Kita akan buat syair yang menggugah semangat kolaborasi. Tarian kolosal multi etnis ini merupakan bagian dari upacara puncak HUT Kota Sintang. sehingga penampilan tarian kolosal multi etnis akan dilakukan setelah pelaksanan upacara HUT Kota Sintang,” terang Syarief Yasser Arafat.


Sementara Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Supriyanto menjelaskan bahwa untuk lagu yang mengiring tarian kolosal multi etnis ini sedang disiapkan oleh Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang.


“Musik dan lagunya sedang di aransemen. Sehingga musiknya akan menggabungkan musik etnik yang ada. Gerakan tariannya pun akan disiapkan gerakan yang sederhana sehingga memudahkan seluruh penari untuk mengikutinya dan memudahkan proses latihan juga,” terang Supriyanto.


Supriyanto menegaskan durasi tariannya akan disiapkan paling lama 10 menit. Kita berharap persiapan berjalan lancar. Koreografer tarian akan ditangani langsung oleh Susana Raguniaty selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini