Peringati Hari Pers Nasional, Jurnalis Kalbar Bagikan Sembako Kepada Warga Masyarakat

Editor: Redaksi author photo

 Jurnalis Kalbar Bagikan Sembako Kepada Warga Masyarakat

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Dalam  rangka peringatan Hari Pers Nasional  (HPN) Sejumlah awak media yang tergabung dalam Jurnalis Kalbar berbagi menggelar pembagian sembako kepada warga kurang mampu, mulai dari Kaum Dhuafa , Yatim Piatu, Marbot masjid, Pemulung hingga beberapa Panti Asuhan.

 

Kegiatan Jurnalis Kalbar Berbagi sendiri dilakukan di dua titik, yakni Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak yang dilaksanakan dari tanggal 8 hingga 9 Maret 2024.

 

 

Selain memperingati hari Pers Nasional, Kegiatan ini juga sebagai upaya membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti beras , minyak goreng dan gula yang terus merangkak naik.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Samsul Hardi yang merupakan Jurnalis Kompastv Biro Pontianak, Ia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat kurang mampu ditengah harga bahan pokok yang terus merangkak naik.

 

Terlebih menjelang dan menyambut bulan suci Ramadhan sehingga dengan adanya bantuan kolaborasi insan pers dan donatur seperti  PT. Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW), PT. Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) dan Pelindo ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

 

 

"Kegiatan ini kolaborasi beberapa media yang ada di Kalbar baik Tv, Cetak, Maupun Online, serta beberapa donatur yang juga turut peduli terhadap masyarakat ditengah kondisi ekonomi yang sulit saat ini semua kebutuhan pokok merangkak naik," ungkap Samsul.

 

Samsul menambahkan kegiatan ini digelar beberapa titik mulai dari Kubu Raya ada beberapa desa yang dibagikan seperti Desa Kuala Dua, Desa sungai Raya, Desa Punggur, Desa Sungai Kakap, Desa sungai Ambawang, Desa Kapur, Desa Ambangah, Dan Desa sungai Rengas, sedangkan Untuk Kota Pontianak disebar di beberapa kecamatan seperti kecamatan Pontianak Barat, Kecamatan Pontianak Timur, Dan Kecamatan Pontianak Utara.

 

Adapun Jumlah Paket sembako yang dibagikan sebanyak 250 Paket sembako, Sembako sendiri berisikan Beras, Gula, Minyak Goreng, dan Mie Instan,” ungkap Samsul.

 

Samsul Hardi mengatakan dalam rangka Hari Pers Nasional Jurnalis Kalbar berbagi sebagai bentuk media hadir ditengah masyarakat dengan berkolaborasi bersama lintas instansi baik swasta,  pemerintah daerah, Serta TNI Polri.

 

Harapannya menyambut ramadan kali ini masyarakat bisa sedikit diringankan beban dalam memenuhi kebutuhan pokok meski mungkin hanya cukup beberapa hari.

 

"Alhamdulillah kami dibantu donatur untuk berkolaborasi memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat di kubu raya dan Pontianak, kami berharap bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan beban masyarakat khususnya menyambut ramadan," ungkap Samsul Hardi.

 

Sementara itu Penjabat (PJ) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman yang hadir dan membuka secara resmi kegiatan tersebut berterimakasih atas kepedulian jurnalis Kalbar dalam membantu masyarakat diwilayah Kabupaten Kubu Raya. Harapannya apa yang dilakukan pekerja media ini bisa meringankan beban masyarakat.

 

"Kita apresiasi peran media yang tidak hanya memberitakan kondisi ekonomi tapi juga turut berperan dalam membantu ekonomi masyarakat melalui kegiatan Jurnalis Kalbar Berbagi ini, kita berharap kegiatan semacam ini bisa terus ditingkatkan," ungkap Kamaruzaman PJ Bupati Kubu Raya yang juga  Mantan Kadis ESDM Kalbar.

 

Hal yang sama disampaikan Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres mengapresiasi media yang terus berkolaborasi dan bersinergi dengan polres, baik dalam bentuk pemberitaan hingga bantuan sosial seperti sekarang ini, media diharapkan bisa menjadi wadah mencerdaskan masyarakat.

 

"Kita berharap media bisa menjadi wadah yang mencerdaskan dan terus bersinergi dengan pemerintah dan kepolisian guna memberikan informasi dan membantu masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial," ucap Kapolres kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo.

 

Dilokasi yang sama perwakilan management Harita Group/PT. Well Harvest Winning Alumina Refinery Kalbar, Sumarno menyampaikan kegiatan ini merupakan aksi cepat dan tanggap kepedulian Perusahaan yang merespon cepat dalam membantu masyarakat Kalimantan Barat.

 

"Kita terus bergerak membantu masyarakat menyalurkan bantuan Program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ke masyarat sekitar yang  membutuhkan uluran tangan agar secara keberlanjutan meringankan ekonomi warga," ucap Sumarno.

 

Salah satu warga yang menerima sembako mengaku senang dan sangat terbantu, sebab dirinya yang sudah tak kuat lagi bekerja dengan bantuan ini bisa meringankan bebannya untuk membeli kebutuhan sembako jelang Ramadan.

 

"Alhamdulillah kami diberikan bantuan sembako ini, melalui kegiatan ini, kami senang dan berterimakasih kepada orang-orang yang peduli terhadap kami lansia ini, sembako ini akan digunakan untuk menyambut puasa," pungkas Mahmud (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini