Kesbangpol Sintang Mulai Gelar Seleksi Anggota Paskibra 2024, Diikuti 221 Orang Peserta

Editor: Redaksi author photo

 Kesbangpol Sintang Mulai Gelar Seleksi Anggota Paskibra 2024, Diikuti 221 Orang Peserta

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang mulai melaksanakan seleksi terhadap calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2024 pada Senin, 4 Maret 2024.


Proses seleksi Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2024 dibuka langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang.


Kusnidar Kaban Kesbangpol Sintang menjelaskan bahwa setelah diumumkan oleh Badan Kesbangpol tentang pembukaan pendaftaran calon anggota Paskibraka) Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2024, ada 264 orang yang mendaftar dari 30 SMA sederajat dan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 221 orang.


“Jadi ada 43 orang yang tidak lolos seleksi administrasi. 221 pelajar kelas X yang lolos ini terdiri dari 125 putra dan 96 orang putri. 221 orang ini akan mengikuti tes Pengetahuan Ideologi Pancasila dan Tes Inteligensia Umum secara online di Lab Komputer SMA Panca Setya Sintang pada Senin, 4 Maret 2024. Tes ini akan menggugurkan peserta yang nilainya dibawah standar” terang Kusnidar.


Kusnidar mengatakan peserta yang lolos tes online, selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan yang juga bisa menggugurkan peserta. Misalnya hasil tes membuktikan peserta tersebut buta warna atau tidak layak secara kesehatan akan dinyatakan gugur. Yang lolos tes kesehatan, akan mengikuti tes selanjutnya yakni parade, kecakapan baris berbaris, kesamaptaan, dan kepribadian.


“Secara nasional menargetkan sebelum memasuki bulan suci ramadhan, seleksi akan selesai. Kabupaten Sintang tahun 2024 ini akan mencari 45 orang anggota Paskibraka Duta Pancasila. Yang terdiri dari 20 orang putri dan 25 orang putra. Kabupaten Sintang juga akan mengirim 2 orang peserta untuk mengikuti seleksi di Provinsi Kalimantan Barat” terang Kusnidar.


Kusindar menambahkan proses seleksi ini seluruhnya mengikuti petunjuk teknis dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP di Jakarta. Sehingga ini seleksi Paskibraka daerah rasa nasional. Semua syarat ikut nasional. Salah satu petunjuk teknisnya untuk daerah adalah tinggi badan putra 165 cm dan putri 160 cm. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini