Indosat Ooredoo Hutchison Group Berdayakan Era Baru AI Generatif Indonesia dengan Komputasi GPU Mutakhir NVIDIA

Editor: Redaksi author photo

Indosat Ooredoo Hutchison Group Berdayakan Era Baru AI Generatif Indonesia dengan Komputasi GPU Mutakhir NVIDIA

• Integrasi Indosat dengan platform NVIDIA Blackwell bertujuan untuk memberdayakan Indonesia, memimpin inovasi, dan pertumbuhan ekonomi dalam layanan AI cloud.

• Indosat memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA berbasis platform Blackwell, yang memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter untuk mempercepat perjalanan Indonesia menuju kedaulatan AI.

 KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group menyatakan kesiapan untuk mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, dengan tujuan memberdayakan Indonesia ke era baru kemajuan teknologi berbasis kedaulatan AI. (21 Maret 2024).

 

Adopsi platform NVIDIA Blackwell akan mempertegas langkah Indosat dalam mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia sebagai penggerak inovasi, pertumbuhan ekonomi, serta kedaulatan bangsa. Dengan teknologi transformatif platform Blackwell, Indosat siap untuk membawa gelombang inovasi dalam layanan AI cloud di Indonesia.

 

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Integrasi produk NVIDIA Blackwell ke dalam infrastruktur kami menegaskan komitmen kami terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional.

 

Dengan teknologi Blackwell, kami satu langkah lebih dekat ke tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia dan memimpin perubahan dalam kedaulatan AI, mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran bagi generasi mendatang.”

 

Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta, mengatakan, penambahan teknologi terbaru dari NVIDIA ke dalam portofolio layanan kami mendukung perjalanan kami untuk menjadi salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia, mendorong kami untuk memperluas jaringan lebih jauh lagi.

Kedaulatan AI semakin menjadi perhatian utama bagi negara-negara yang ingin mengakselerasi inovasi dan meningkatkan produktivitas,” kata Ronnie Vasishta, Senior Vice President Telecom NVIDIA.

 

 Dengan mengintegrasikan platform Blackwell, Indosat siap untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh dan mendorong pengembangan Large Language Model yang akan membantu memberdayakan Indonesia dengan AI generatif.

 

Melalui integrasi platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, Indosat memberdayakan ekosistem bisnisnya dan mempersiapkan dasar bagi Indonesia untuk sebagai pemimpin global dalam kedaulatan AI.

 

Dengan memanfaatkan kekuatan pemrosesan platform Blackwell NVIDIA, Indosat dapat membuka peluang baru, membantu bisnis di berbagai industri memanfaatkan potensi penuh AI dan machine learning sebagai pendorong produktivitas, efisiensi, dan inovasi.

 

Indosat akan memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA berbasis platform Blackwell, untuk memberikan percepatan besar pada beban kerja inferensi, memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter yang membutuhkan sumber daya besar.

 

Selain itu, GPU Tensor Core NVIDIA, yang mencakup DPU NVIDIA BlueField-3, akan memungkinkan percepatan jaringan cloud, composable storage, keamanan zero-trust, dan elastisitas komputasi GPU di hyperscale AI clouds.

 

GPU Tensor Core NVIDIA, juga berbasis platform Blackwell, akan tersedia di NVIDIA DGX Cloud. Layanan superkomputasi AI ini memberikan akses langsung kepada perusahaan untuk infrastruktur dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melatih model AI generatif yang canggih.

 

Indosat pertama kali mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan NVIDIA di Mobile World Congress 2024, pada bulan Februari.

 

Kini, Indonesia memulai perjalanan menuju keunggulan teknologi dan daya saing global, dan Indosat berdiri di garis depan, mendorong bangsa ini menuju masa depan inovasi, peluang, dan kemajuan. Dengan platform NVIDIA Blackwell, Indosat siap untuk membuka potensi penuh AI dan machine learning, serta membantu membuka jalan bagi Indonesia untuk menegaskan dirinya sebagai kekuatan global dalam era baru kedaulatan AI. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini