40 Siswa MAN 2 Pontianak Ikuti OSN Tingkat Kota Pontianak

Editor: Redaksi author photo

 40 Siswa MAN 2 Pontianak Ikuti OSN Tingkat Kota Pontianak

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 sudah dimulai, sesuai jadwalnya tanggal 26-27 Maret 2024 menjadi pelaksanaan OSN Tingkat Kabupaten/Kota. Sebanyak 40 siswa MAN 2 Pontianak yang terdiri dari sembilan mata lomba mulai mengikuti kompetisi tahunan ini.


Berlangsung di lab komputer asrama MAN 2 Pontianak, OSN Tahun 2024 ini diikuti semua siswa untuk semua mata lomba. Mata lomba tersebut adalah ekonomi (5), matematika (5), kebumian (3), geografi (5), fisika (5), informatika/komputer (3), biologi (5), kimia (5) dan astronomi (4). 


OSN kali ini mengusung tema “Berprestasi dan Berintegritas” dengan tujuan mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 


Tujuan lainnya mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia dan membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat. 


Saat dikonfirmasi keiikutsertaan MAN 2 dalam OSN Tingkat Kota, Kepala MAN 2 Pontianak, H. Edi Setiawan didampingi Penanggung Jawab OSN MAN 2 Pontianak, Sholihin HZ, Edi menyebutkan untuk tahun ini, alhamdulillah semua mata lomba kami ikutsertakan dengan jumlah peserta sebanyak 40 peserta. 


"Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan khusus guru pembimbing saya atas nama Kepala Madrasah juga memberikan apresiasi atas bimbingannya ini dan semoga ada siswa-siswa kami lolos ke tingkat provinsi.” ujar Edi Setiawan.


Untuk hari pertama olimpiade (26/3) berlangsung lima mata lomba yaitu matematika, informatika komputer, fisika, biologi dan geografi. Hari kedua (27/3) untuk empat mata lomba yaitu kimia, astronomi, kebumian dan ekonomi.


Sesuai Pedoman OSN SMA/MA 2024, ketentuan pelaksanaan OSN-K mengacu kepqada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek dan peserta terbaik hasil seleksi OSN-K akan menjadi wakil kabupaten/kota ke tingkatan berikutnya yaitu OSN Tingkat Provinsi (OSN-P). Mengacu kepada Pedoman OSN SMA/MA 2024 maka seleksi tingkat provinsi (OSN-P) akan dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024. Ketentuan lainnya menyebutkan bahwa jumlah peserta OSN-P hasil seleksi OSN-K setiap bidang maksimal 3 orang per sekolah. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini