Pengamanan Ketat Pencoblosan Pemilu di Lapas

Editor: Redaksi author photo

Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Ketapang

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG)
 – Selenggarakan pemilu dengan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ketapang perketat pengamanan.


“Kesiapan pemilu keamanan paling utama, ujar Nardin Weripih, Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Ketapang, Jumat (9/2/2024).


Nardin menambahkan, memastikan keamanan saat melakukan pencoblosan, pihaknya menegrahkan maksimal petugas di internal dan ditambah eksternal dari kepolisian.


“Optimalisasi penjagaan untuk seluruh petugas kita libatkan, jumlahnya sekitar 26 orang ditambah dari kepolisian sebanyak 2 orang,” katanya.


Pengetatan pengamanan ini turut diberlakukan terhadap seluruh pihak termasuk saksi dari partai dalam mengawal jalannya pemilu di dalam Lapas Ketapang.


“Saksi yang hadir harus menunjukkan data di depan pintu jaga. Sampai saat ini mereka belum ada yang menghubungi, tapi informasi Ketua KPU harus ada surat rekom saksi dari partai,” tukasnya.


Sementara menyangkut sistem pemilihan, Nardian menjelaskan bahwa Lapas Ketapang memiliki empat pintu, dimana masing-masing warga binaan yang hendak memilih di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersedia dibatasi hanya lima orang saja masuk ke dalam bilik suara secara bergantian.


“Terbatas sistem pemanggilannya, 5 orang untuk melakukan pencoblosan,” lugas Nardian.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini