Jaga independensi dalam Pemilu, UPB Pontianak Lakukan Gerakan Moral Wujudkan Pemilu Bermartabat dan Berkeadilan

Editor: Redaksi author photo

Jaga independensi dalam Pemilu, UPB Pontianak Lakukan Gerakan Moral Wujudkan Pemilu Bermartabat dan Berkeadilan

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Jelang Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, Civitas Universitas Panca Bhakti Pontianak mengeluarkan pernyataan sikap menjaga Independensi Kampus serta Mewujudkan Pemilu yang Bermartabat dan Berkeadilan. Pernyataan tersebut dibacakan langsung oleh rektor UPB Pontianak, Dr Purwanto di Gedung Convention Center, Jalan Komyos Sudarso, Selasa (6 Februari 2024) pagi. 


Dalam pidatonya Dr Purwanto menjelaskan pernyataan sikap ini dikeluarkan sebagai bentuk kontribusi untuk menyukseskan bersama Pemilu 2024.


"Sebagai bentuk partisipasi hak konstitusional seluruh rakyat Indonesia. Hadirkanlah demokrasi yang berkeadilan, demokrasi yang bermartabat, serta demokrasi yang dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin untuk tercapainya cita-cita luhur bangsa Indonesia," ucapnya. 


Dibawah ini merupakan pernyataan sikap yang disampaikan oleh Civitas Universitas Panca Bhakti Pontianak. 


1. Mengimbau dan mendorong kepada seluruh masyarakat Kalimantan Barat, untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, sesuai dengan hati nurani, serta semua pihak untuk menjaga kedamaian, kebersamaan dan suasana yang kondusif demi terwujudnya pesta demokrasi yang sehat dan bermartabat, berasaskan Pancasila dan UUD 1945.


2. Menolak segala bentuk upaya/perilaku yang dapat memecah belah kerukunan/persaudaraan masyarakat Kalimantan Barat. Mendorong semua elemen masyarakat untuk memberikan teladan, dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.


3. Mengimbau untuk seluruh masyarakat Kalimantan Barat yang memiliki hak pilih, untuk tidak golput, serta menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nuraninya dan senantiasa menghargai perbedaan pilihan.


4. Mengimbau dan mengajak seluruh civitas akademika UPB Pontianak dan seluruh elemen masyarakat Kalimantan Barat untuk memberikan edukasi dan literasi politik, sehingga terhindar dari informasi hoaks dan ujaran kebencian agar terwujud Pemilu 2024 yang jujur, adil, aman dan damai.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini