Indosat Ooredoo Hutchison Layani Puncak Lonjakan Trafik Data 8,9% di Momen Tahun Baru 2024
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat
atau IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan atau
marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial
perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Didukung oleh 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 ini Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8.9% dibandingkan rata-rata periode hari normal. 2 Januari 2024
Desmond Cheung, Director
& Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan, kepercayaan
dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting
bagi kami. Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang
paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital
pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini.
Hal ini tak lepas dari
dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan
tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat
melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.
Indosat mencatatkan
peningkatan trafik data sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8.9% pada 31
Desember 2023 dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.
Peningkatan trafik data
yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau
Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang,
Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.
Sementara, di luar Pulau
Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan,
Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan
trafik data yang paling tinggi.
Pada malam pergantian
tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan
TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.
Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty,
Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data.
Hal serupa juga ditemui
pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan
aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata
periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket
layanan dan juga akses ke
layanan on-demand. Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah
meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi
pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.
Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan
di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan
selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.
Hasil optimalisasi dan
peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command
Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center
(INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).
Command Center fisik
terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning
(AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan,
termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan
menggunakan layanan Indosat.
Aktivitas peningkatan
kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan
untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang
mengesankan. Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard,
Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan
untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara
proaktif.
Dengan dukungan teknologi
ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal
tahun 2024. Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan
Indosat HiFi juga turut disiagakan.
Berbagai penawaran khusus dapat
dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id,
dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai
IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official
WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+,
Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan
3Care@three.co.id.) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang
dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.
“Upaya Indosat dalam
menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital
sepanjang momen special perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 membuktikan
komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat
Indonesia,” tutup Desmond.(Tim Liputan)
Editor : Aan