Cegah Anemia Dengan Membiasakan Sarapan Setiap Pagi

Editor: Redaksi author photo

Cegah Anemia Dengan Membiasakan Sarapan Setiap Pagi

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Di tahun 2024, HGN memasuki peringatan yang ke-64 tahun, hal tersebut merupakan sebuah momentum strategis untuk meningkatkan kepedulian masyarakat guna mengatasi masalah gizi di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat.


Dokter Spesialis Gizi Klinis dr. Fitri Vidyastuti mengatakan, untuk calon pengantin khususnya remaja putri kecukupan protein hewani setiap mengkonsumsi makanan harus diperhatikan. Mengingat remaja adalah calon orang tua dan merupakan sasaran pencegahan stunting dari hulu.


"Misalnya kita makan 3 kali itu harus selalu ada protein hewaninya, diusahakan itu jangan diganti dengan protein nabati. Karena, hewani mempunyai sumber zat besi di situ, selain zat besi juga ada vitamin dan protein," jelasnya, Rabu (24 Januari 2024).


Lanjutnya, ia meminta agar protein hewani dan karbohidrat dapat terus diperhatikan untuk para remaja. Dapat dilihat dari selama ini cenderungnya lebih banyak di asupan mini protein, lebih banyak karbohidrat yang tinggi.


"Karena makanan siap saji banyak yang lebih tinggi karbohidratnya, jadi harus seimbang dengan protein yang dikonsumsi, hal tersebut dapat menimbulkan obesitas dan anemia," ucapnya.


Dirinya berpesan di HGN yang ke-64 agar remaja putri usahakan yang pertama tetap sarapan, karena sarapan merupakan bagian penting untuk mencegah anemia.


"Sarapan dan makan harus selalu cukup dengan protein hewani," pungkasnya.


Selain itu konsumsi tablet tambah darah juga harus dilakukan oleh para remaja putri. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini