BKKBN Kalbar Bersama Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Bangga Kencana Hingga ke Kabupaten Ketapang

Editor: Redaksi author photo

 BKKBN Kalbar Bersama Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Bangga Kencana Hingga ke Kabupaten Ketapang

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG)
- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat kembali melakukan sosialisasi program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Program kemitraan antara BKKBN bersama Komisi IX DPR RI ini digelar di Aula STAI Al-Haudl Ketapang, Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kamis (18/01/2024). 


Adapun peserta yang hadir dalam sosialisasi ini yaitu merupakan ratusan masyarakat yang terdiri dari Pasangan Usia Subur, Remaja, Ibu Hamil, dan Orang Tua yang memilki Balita. Harapan dari kegiatan ini yaitu, masyarakat yang hadir akan memiliki pemahaman terkait pencegahan stunting sehingga bisa menyebarkan pengetahuan tersebut ke masyarakat yang lain.


Dalam sosialisasi ini, turut dihadirkan sejumlah pemateri satu diantaranya adalah Dokter Spesialis Gizi, dr. Hendra. Adapun materi yang disampaikan yaitu Pencegahan stunting sejak dini pada remaja. 


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Pintauli Romangasi Siregar dalam sambutannya menyampaikan, selain bentuk sinergitas antara legislatif dan eksekutif, kegiatan ini juga merupakan bentuk pelayanan BKKBN kepada masyarakat.


"Setiap kesempatan kami lakukakan sosialisasi. Pada kegiatan hari ini, ini bentuk sinergi dalam bentuk pelayanan ke masyarakat," ucap Pintauli dalam sambutannya. 


Dalam upaya percepatan penurunan stunting, setiap instansi memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. BKKBN sebagai pelaksana tugas program Bangga Kencana memiliki peranan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bagaimana cara mencegah stunting. 


"Tak seperti dinas lain bawa sembako, tapi hari ini kami hadir untuk lebih memberikan pemahaman bagaimana merubah perilaku, bagaimana meningkatkan kualitas kehidupan," ujarnya. 


Sejalan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, BKKBN memilik tagline 'Ayo Cegah Stunting Wujudkan Kalimantan Barat Zero Stunting'. Peningkatan kualitas masyarakat jadi salah satu upaya yang saat ini gencar dilakukan. 


"Pada hari ini kita tingkatkan kualitas, yang akan lahir jangan sampai jatuh kembali ke stunting," tutup Pintauli. 


Program Bangga Kencana merupakan salah satu program percepatan penanganan stunting yang di instruksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021. Dalam pelaksanaannya, BKKBN selaku penyelenggara dan Komisi IX DPR RI melaksanakan fungsi pengawasan. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini